Alasan Mengapa Freelancer Perlu Website Portofolio Sendiri

0

Mungkin bagi sebagian kecil orang website adalah hal yang mahal. Apalagi jika website itu untuk freelance. Memangnya apa gunanya website untuk freelancer?

Image by 200 Degrees from Pixabay 

Image by 200 Degrees from Pixabay

Webite memiliki banyak kegunaan. Jika anda seorang pebisnis maka website bisa menjadi media marketing. Atau anda pemilik yayasan sekolah maka website adalah media penting untuk memperkenalkan profil sekolah anda. Nah bagi seorang freelancer website adalah hal penting sebagai portofolio.

 

Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu membangun website portofolio.

  1. Persaingan

Persaingan di dunia kerja sangat keras. Penyebabnya adalah angkatan kerja dan kesempatan kerja tidak seimbang. Kesempatan kerja tidak sebanyak jumlah angkatan kerja. Pada akhirnya perusahaan harus selektif memilih tenaga kerja.

Website portofolio sangat membantu perusahaan menemukan anda di internet. Toh saat ini model rekruitmen tenaga kerja tidak hanya dengan cara konvensional. Anda bisa memanfaatkan internet untuk mencari pekerjaan freelance.

  1. Profil Diri

Bagi anda yang seorang freelancer pemula pasti akan merasa kesulitan mencari pekerjaan yang cocok. Ibaratnya, anda belum memiliki nama. Website portofolio akan membantu anda mencari pekerjaan di berbagai kota sesuai bidang kemampuanmu. Karena daya jangkaunya yang luas perusahaan dari berbagai kota bisa melihat anda.

Di era internet seperti sekarang ini pekerjaan tidak lagi berdasarkan daerah. Anda bisa bekerja di luar kota bahkan di luar negeri sekalipun. Asalkan anda bisa bekerja sama dan mampu memuaskan klien. Selain memasang website kami sarankan anda juga mengiklankan jasa anda di situs pekerjaan (job vacancy).

Banyak yang salah persepsi tentang profil diri. Sebagian orang menganggap bahwa hanya dengan memasang profil di media seperti Linkedin atau blog itu sudah cukup. Cara ini memang bisa mengenalkan anda ke perusahaan. Tapi platform website jauh lebih dipercayai oleh perusahaan.

  1. Pembuktian

Biasanya perusahaan meminta bukti kerja anda. Dan sering kali mereka meminta mencantumkan alamat website profil anda. Perusahaan tentu akan menyeleksi secara ketat calon pekerja mereka. Dengan website portofolio anda bisa membuktikan kepada perusahaan bagaimana kualitas kerja anda. Apa yang sudah anda kerjakan? Bagaimana kepuasan klien? Semuanya bisa anda cantumkan dalam website.

  1. Atur Tampilan

Memiliki website sendiri jauh lebih leluasa dibanding mengiklan di situs lamaran kerja. Ketika anda memiliki website sendiri anda bisa menentukan tata letak foto, deskripsi, dan bisa juga mensetting pesan langsung (direct message) melalui Whatsapp.

Namun setelah anda memiliki website portofolio kami sarankan untuk memasukkan foto yang berkualitas, deskripsi yang memikat klien dan mendesain tata letak dengan baik. Tampilan akan sangat menentukan di mata klien.

Website portofolio untuk freelancer sangat membantu anda dalam mencari kerja. Di era seperti sekarang ini freelance memang sangat diminati di berbagai negara. Terutama di kalangan anak muda yang tidak ingin terbebani kerja berlebihan mereka akan memilih freelance. Di negara-negara Eropa freelance seperti ini sangat diminati. Mereka yang serius menekuni model kerja seperti ini pada umumnya membangun website portofolio.

Dan bagi anda yang ingin membangun website portofolio untuk pekerjaan anda banyak provider yang siap bantu anda. Salah satunya yang terkenal di Indonesia adalah niagahoster. Anda bisa mulai mencari dan memesan nama domain cantik. Selain domain, Anda juga bisa memesan hosting murah Niagahoster. Atau agar lebih mudah bisa memesan domain dan hosting sekaligus. Niagahoster juga seringkali memberikan promosi untuk pembelian hosting gratis domain.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.