Apa Itu Digital Marketing dan Apa Manfaatnya Bagi UMKM?

0

Sebagai pelaku UMKM, maka apa itu digital marketing memang sepatutnya Anda ketahui. Selain karena era industri 4.0 yang mana teknologi semakin berperan penting dalam industri, perkembangan situasi dunia dewasa ini semakin tak menentu.

Tanpa disadari semua akan tergiring pada ranah dunia digital. Seperti dampak dari pandemi Covid-19 yang membuat semua orang harus mau tak mau semakin bersentuhan dengan media digital. Jika Anda cerdas menangkap peluang, maka ini adalah kesempatan emas.

Source : pixabay.com

Anda bisa mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan digital marketing. Untuk itu simak sedikit ulasan apa itu digital marketing dan seberapa penting digital marketing untuk melakukan pemasaran berikut ini.

Baca juga : hosting website untuk digital marketing murah

Pengertian Digital Marketing

Yang dimaksud apa itu digital marketing adalah metode marketing atau pemasaran yang menggunakan teknologi sebagai alat pemasaran, seperti internet. Digital marketing juga bisa menggunakan sosial media, hingga ebook maupun influencer marketing.

Lalu apakah selama ini Anda mengira jika digital marketing dan internet marketing itu sama? Padahal sebenarnya internet marketing dan digital marketing itu berbeda. Secara garis besar, internet marketing termasuk dalam digital marketing, sedangkan digital marketing mencakup yang lebih luas.

Contoh Penggunaan Digital Marketing

Contoh penggunaan digital marketing ini sebenarnya sangat sering Anda jumpai. Saat Anda menonton televisi dan melihat tayangan iklan, berjalan menyusuri jalanan dan melihat iklan di baliho LED, apakah Anda sadar jika itu merupakan salah satu bentuk penggunaan digital marketing?

Iklan yang muncul di Facebook, Instagram, maupun saat Anda browsing pun merupakan bentuk dari digital marketing. Hanya saja dalam penerapannya menggunakan internet marketing, yakni digital marketing yang lebih berfokus ke pengguna internet.

Berbicara mengenai apa itu digital marketing dan contohnya tentu tak lengkap jika tak membahas lebih jauh tentang internet marketing ini. Sebagai bagian dari digital marketing, salah satu strategi yang digunakan dalam internet marketing adalah memaksimalkan pemasaran di internet.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam memaksimalkan pemasaran tersebut adalah dengan mengoptimalkan SEO, SEM, dan lain sebagainya dengan tujuan untuk  menarik audiens sebanyak mungkin atau sesuai dengan yang ditargetkan.

Manfaat Digital Marketing Untuk UMKM

Lantas bagaimana digital marketing bisa memberikan manfaat bagi pelaku UMKM? Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika salah satu bentuk metode digital marketing adalah internet marketing, jadi pelaku Company profile UMKM bisa memanfaatkan internet marketing ini sebagai senjata pemasaran produknya.

Jadi, untuk mempromosikan produk, Anda bisa menggunakan media internet dengan berbagai cara. Misalkan saja menggunakan media sosial seperti facebook, Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens jika dibandingkan menggunakan media brosur maupun pamflet.

Dan yang sangat menarik adalah, promosi menggunakan metode digital marketing tersebut dinilai sangat ekonomis dan efisien. Bayangkan jika Anda harus mencetak brosur untuk jumlah audiens sebanyak pengguna facebook, tentu biaya yang Anda keluarkan akan sangat besar.

Berbeda cerita saat Anda mempromosikan produk menggunakan media sosial tersebut, cukup sekali upload foto, maka ratusan, ribuan bahkan jutaan audiens akan melihat foto Anda tersebut. Bayangkan betapa sangat murahnya promosi menggunakan digital marketing ini.

Dan jika ingin menjangkau audience yang tertarget, maka Anda bisa memanfaatkan fitur adds. Dengan begitu Anda bisa mengatur batasan usia, gender, hingga kota yang Anda targetkan dengan harapan bisa menjangkau lebih banyak peminat sebagai calon pembeli produk Anda.

Selain menggunakan media sosial, pernahkah terpikirkan untuk memiliki website sendiri untuk mempromosikan produk Anda? Saat ini adalah waktu yang tepat untuk mulai menggunakan website untuk memajukan pemasaran produk yang Anda jual.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, maka sebagai UMKM yang cerdas tentu tak cukup jika Anda hanya mengandalkan satu atau dua channel saja. Sebisa mungkin bukalah sebanyak-banyaknya channel untuk mempromosikan produk Anda.

Semua jenis digital marketing mungkin patut untuk digunakan demi memaksimalkan pemasaran. Dan salah satu bentuk pemanfaatan digital marketing adalah dengan menggunakan media website. Dengan menggunakan website tersebut Anda bisa menyampaikan segala sesuatu terkait produk Anda.

Anda bisa menuangkan segala kisah tentang sejarah dari terciptanya produk yang Anda buat, atau latar belakang yang mendasari keputusan untuk terjun ke dunia yang sekarang Anda geluti. Semua itu bisa Anda kemas dalam storytelling yang menarik, sehingga bisa mempengaruhi audiens.

Dengan storytelling yang kuat, foto produk yang cantik, konten yang maksimal, dan juga desain web yang mumpuni, tentu akan membuat audiens tak ragu untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Apakah Anda berpikir jika website itu mahal?

Mungkin tak hanya Anda yang mempunyai pikiran seperti itu, tetapi kenyataannya sebenarnya sangatlah berbeda. Anda bisa membuat website sendiri dengan harga yang terjangkau. Coba cek domainesia.com untuk mendapatkan domain hingga hosting super murah.

Belajar mengenai apa itu digital marketing memang sepatutnya dilakukan oleh pelaku UMKM agar bisa bersaing dan terus bergerak maju, sehingga UMKM bisa naik kelas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.