AplikasiTutorial

Mudah! 12 Aplikasi Pembuat CV Menarik Beserta Caranya

Untuk membuat CV, Anda dapat menggunakan aplikasi pembuat CV yang tersedia di Google Play Store, App Store ataupun Windows.

Beberapa aplikasi yang dapat Anda coba antara lain Resume Builder Pro dan CV Maker. Anda dapat mencari aplikasi pembuat CV dan mengunduhnya yang sesuai dengan kebutuhan. Setelah mengunduh aplikasi, Anda dapat menggunakan fitur-fitur yang tersedia untuk membuat CV yang profesional dan menarik.

Apa Fungsi CV?

Sebelum membahas apa saja aplikasi pembuat CV, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu apa fungsi CV di dalam dunia kerja. CV adalah singkatan dari Curriculum Vitae.

Ini merupakan dokumen yang berisi riwayat pendidikan dan pengalaman kerja seseorang. Fungsi dari CV ini adalah sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan atau instansi yang akan mempekerjakan seseorang.

Melalui CV perusahaan dapat mengetahui latar belakang dan kualifikasi seseorang yang akan mereka pekerjakan. Selain itu, di sisi pekerja, mereka dapat mempersiapkan diri dengan baik dan mengetahui apa saja yang harus disertakan dalam CV mereka.

Baca Juga : 15 Aplikasi Penghasil Uang 100 Ribu Per Hari 2022, Langsung Cair

Daftar Aplikasi Pembuat CV

Aplikasi Pembuat CV

Sekarang, Anda tidak perlu lagi membayar jasa designer untuk membuat CV yang menarik. Hal itu karena Anda sendiri pun dapat membuatnya. Berikut adalah daftar aplikasi pembuat CV:

1. Aplikasi Resume Builder

Resume Builder

Untuk membuat CV dengan Resume Builder, pertama-tama Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi pembuat CV, yaitu Resume Builder di perangkat Android.

Setelah itu, buka aplikasi dan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pilih template CV yang Anda sukai. Aplikasi Resume Builder menawarkan berbagai macam template CV yang dapat Anda gunakan.
  • Pilih salah satu template yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.
  • Isi informasi diri Anda. Masukkan informasi diri seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email.
  • Tambahkan riwayat pendidikan dan pengalaman kerja. Masukkan riwayat pendidikan dan pengalaman kerja Anda, termasuk nama institusi, tanggal mulai, tanggal selesai, dan deskripsi pekerjaan.
  • Tambahkan kemampuan dan bahasa yang Anda kuasai. Masukkan kemampuan dan bahasa yang Anda kuasai, termasuk kemampuan teknis atau keterampilan komunikasi.
  • Tambahkan informasi tambahan. Anda juga dapat menambahkan informasi tambahan seperti referensi, prestasi, atau organisasi yang pernah Anda ikuti.
  • Simpan dan unduh CV Anda. Setelah selesai mengisi semua informasi, simpan CV Anda dan unduh file PDF-nya untuk dikirim ke ,perusahaan atau untuk dicetak.

Link Download Aplikasi Resume Builder

Nama Resume Builder
Rating 4,4
Ukuran 11 MB
Link download Klik di sini

2. Aplikasi Canva

Untuk membuat CV di aplikasi Canva, pertama-tama Anda perlu masuk ke situs web Canva dan buat akun jika belum memilikinya. Atau, Anda juga bisa download aplikasi pembuat CV ini di Play Store atau App Stor.

  • Kemudian, klik tombol “Create a design” dan pilih kategori “Resume” dari daftar opsi yang tersedia.
  • Setelah itu, pilih salah satu template CV yang tersedia atau buat desain CV Anda sendiri dari awal dengan mengklik tombol “Use custom dimensions” dan memasukkan ukuran yang diinginkan.
  • Selanjutnya, Anda dapat mengedit template atau desain CV dengan menambahkan teks, mengubah font, mengubah warna, dan melakukan berbagai perubahan lainnya.
  • Ada banyak alat yang tersedia di Canva.
  • Anda juga dapat menambahkan gambar, ikon, dan elemen lainnya untuk memberikan tampilan yang lebih menarik.

Setelah selesai mengedit, Anda dapat mengunduh CV dalam format PDF atau PNG dengan mengklik tombol “Download” di bagian bawah layar atau mencetak langsung dari Canva dengan mengklik tombol “Print”.

Link Download Aplikasi Canva

Nama Canva
Bintang 4,8
Ukuran 23 MB
Link download Klik di sini

3. Aplikasi CV Maker

CV Maker

Untuk membuat CV dengan aplikasi CV Maker, pertama-tama Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi pembuat CV ini di perangkat Android.

Jika sudah, silakan buka aplikasi dan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Aplikasi CV Maker menawarkan berbagai macam template CV yang dapat Anda gunakan.
  • Pilih template CV yang Anda sukai. Pilih salah satu template yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Isi informasi diri. Silakan masukkan informasi diri Anda seperti nama, nomor telepon, alamat rumah, dan juga alamat email.
  • Tambahkan riwayat pendidikan dan pengalaman kerja. Masukkan juga riwayat pendidikan dan pengalaman kerja.
  • Pengalaman kerja termasuk nama institusi, tanggal mulai dan selesai, dan deskripsi pekerjaan.
  • Tambahkan kemampuan apa saja yang Anda kuasai. Misalnya masukkan kemampuan bahasa Inggris, termasuk kemampuan teknis atau keterampilan komunikasi.
  • Tambahkan informasi tambahan lain. Anda juga dapat menambahkan berbagai informasi tambahan seperti organisasi yang pernah Anda ikuti, referensi, dan prestasi.
  • Simpan dan unduh CV Anda.

Link Download Aplikasi CV Maker

Nama CV Maker
Rating 4,7
Ukuran 93 MB
Link download Klik di sini

4. Aplikasi Resume Genius

Resume Genius

Untuk membuat CV di aplikasi Resume Genius, pertama-tama Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi pembuat CV ini. Tutorial singkatnya dapat Anda ikuti di bawah ini:

  • Buka aplikasi Resume Genius dan pilih salah satu template CV yang tersedia.
  • Setelah itu, mulailah mengedit template tersebut dengan mengisi informasi yang diperlukan, seperti keterampilan, riwayat pendidikan, dan juga pengalaman kerja.
  • Anda juga dapat menambahkan foto dan elemen lainnya untuk memberikan tampilan yang lebih menarik.
  • Setelah selesai mengedit, Anda dapat mengunduh CV dalam format PDF.
  • Silakan klik tombol “Export” yang terletak di bagian bawah layar.
  • Anda juga dapat mencetak langsung dari aplikasi Resume Genius dengan mengklik tombol “Print”.
Nama Resume Genius
Rating 3+
Ukuran 5.1 MB
Link download Klik di sini

5. Aplikasi PPT (PowerPoint)

PPT (PowerPoint)

Untuk membuat CV menggunakan aplikasi pembuat CV, PowerPoint, pertama-tama Anda perlu membuka aplikasi PowerPoint dan memilih salah satu template CV yang tersedia.

Atau, Anda juga dapat membuat desain CV sendiri dari awal dengan mengklik tombol “New” dan memilih opsi “Blank Presentation”.

  • Setelah itu, mulailah mengedit template atau desain CV dengan mengubah warna, menambahkan teks, mengubah font, dan melakukan berbagai perubahan lainnya.
  • Anda juga dapat menambahkan ikon, gambar, dan elemen lainnya untuk memberikan kesan dan tampilan yang lebih menarik.
  • Ada begitu banyak alat yang tersedia di aplikasi pembuat CV, PowerPoint.
  • Setelah selesai mengedit, Anda dapat mengunduh CV terssebut dalam format PDF atau PowerPoint.
  • Silakan klik fitur “Export” yang tersedia dan terletak di bagian atas layar.
  • Bisa juga dengan mencetak langsung dari aplikasi PowerPoint dengan mengklik tombol “Print”. Selamat mencoba!

Link Download Aplikasi PowerPoint

Nama PowerPoint
Rating 4,2
Ukuran 61 MB
Link download Klik di sini

Tips Singkat Cara Membuat CV yang Menarik

Selain membahas aplikasi pembuat CV, ada baiknya Anda juga tahu bagaimana cara membuat CV yang menarik. Berikut adalah 5 tips singkat untuk membuat CV yang baik:

  1. Mulailah dengan menyertakan informasi kontak yang jelas di bagian atas CV, termasuk nama lengkap, alamat email, nomor telepon, dan alamat rumah.
  2. Buatlah ringkasan atau profil singkat di bagian awal CV yang menjelaskan secara singkat mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut dan apa yang bisa Anda tawarkan kepada perusahaan.
  3. Saat memasukkan data di aplikasi pembuat CV, sertakan riwayat pendidikan Anda secara berurutan, mulai dari pendidikan terakhir sampai pendidikan pertama.
  4. Jangan lupa untuk menyertakan nama universitas, jurusan, dan tahun lulus.
  5. Tambahkan informasi tentang pengalaman kerja Anda, mulai dari pekerjaan terbaru sampai pekerjaan pertama.
  6. Sertakan nama perusahaan, tanggal mulai dan selesai kerja, dan deskripsi singkat tentang pekerjaan dan tanggung jawab Anda.
  7. Jika Anda memiliki kualifikasi atau sertifikasi yang relevan, sebutkan di CV. Ini dapat termasuk sertifikasi profesional, keahlian komputer, atau bahasa asing.

Baca Juga : 8 Cara Jadi Seleb TikTok Agar Cepat Viral, Pemula Wajib Tahu!

Penutup

Aplikasi Pembuat CV
Aplikasi Pembuat CV Menarik Beserta Caranya

Beberapa aplikasi pembuat CV di atas dapat Anda coba untuk meringkas data pribadi Anda. Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan tips yang telah kami sebutkan supaya CV yang Anda buat lebih menarik.

Senior Nomis

Penulis Aktif Situs Nomis.id yang Rutin Membagikan Artikel Bermanfaat Berdasarkan Referensi Terpercaya
Back to top button