Ingin Bisnis Online Sukses? Buatlah Website Toko Online Agar Keuntungan Bertambah!

0

Kali ini mimin nomis.id mau bahas soal bisnis online ni, Sekarang ini orang-orang lebih memilih untuk berbelanja secara online daripada offline atau tradisional. Tidak heran apabila toko online atau online shop mulai menjamur.

 

Ada dua pilihan untuk menjajakan produk secara online, melalui Marketplace atau website toko online sendiri. Namun, apabila Anda ingin membangun bisnis yang kuat dan berkembang pesat, pilihan kedua sangatlah penting.

 

Berikut kami menjabarkan pentingnya website toko online bagi pelaku bisnis.

 

Pengertian Website Toko Online

 

Website toko online atau e-commerce website merupakan situs yang dimiliki pebisnis sebagai wadah menjajakan produk atau jasanya secara online. Toko online cocok untuk segala bisnis.

 

Membuat website toko online adalah bagian dari strategi pemasaran yang patut dicoba untuk mengembangkan usaha dan menarik pelanggan tetap, mulai dari skala kecil hingga besar.

 

Terlebih, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah transaksi online meningkat hingga 1,5% dibanding transaksi tradisional. Peningkatan ini tentu membuat banyak pelaku bisnis tertarik untuk membuat website toko online sendiri.

 

Manfaat yang Didapat dari Website Toko Online

 

Setelah memahami pengertian website toko online, Anda juga perlu tahu manfaat yang akan didapatkan dari strategi ini, bukan?

 

  1. Keuntungan Lebih Besar

 

Berbeda dengan menjajakan produk di Marketplace, memiliki website toko online sendiri memungkinkan Anda mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena rendahnya persaingan harga.

 

Tapi tentu saja, value yang ditawarkan harus sesuai dengan kualitas produk yang mumpuni.

 

Di sisi lain, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya iklan untuk mempromosikan produk-produk Anda. Memiliki website toko online sendiri memungkinkan Anda menentukan produk mana yang perlu ditonjolkan agar keuntungan produk bertambah.

 

  1. Memudahkan Retargeting

 

Retargeting merupakan cara Anda dalam menarik kembali pelanggan yang pernah mengunjungi toko online Anda, baik mereka membeli produk maupun tidak. Anda dapat mengingatkan konsumen dengan barang yang pernah dilihat saat pertama kali mengunjungi website.

 

Pendekatan ini cukup efektif, karena hampir 70% iklan yang menggunakan pendekatan retargeting sering berhasil menarik pelanggan untuk membeli produk tersebut.

 

Peluang penjualan pun dapat ditingkatkan ke angka 161% dengan menggunakan pendekatan ini.

 

  1. Membangun Branding Produk

 

Secara tidak langsung, konsumen akan menilai produk yang Anda jual sangat baik ketika memiliki website toko online sendiri. Membangun brand produk tentu akan berbeda ketika berada di Marketplace.

 

Branding juga mempresentasikan produk Anda. Semakin unik branding yang dilakukan, tentu akan semakin menarik minat konsumen. Ingat, sebanyak 73% konsumen lebih memilih melakukan transaksi dengan brand yang memberikan pengalaman memuaskan saat berbelanja.

 

Bagi pelaku bisnis baru yang sedang berproses membangun brand-nya, memiliki website toko online tentu membantu mereka dalam menggaet calon pelanggan.

 

  1. Tidak Bergantung pada Pihak Lain

 

Ketika berhasil membangun brand dan menciptakan engagement yang kuat, suatu binsis tentu dapat bertahan dalam jangka panjang. Inilah fungsi dari website toko online, membangun keberlangsungan usaha yang sedang Anda kembangkan.

 

Selain itu, Anda tidak memerlukan pihak ketiga saat bisnis Anda sedang berkembang pesat. Misalnya, ketika bisnis sedang dalam kondisi penjualan bagus tetapi marketplace Anda tutup tiba-tiba, usaha Anda terkena imbasnya,bukan?

 

  1. Menjangkau Pasar Secara Lebih Luas

 

Internet memungkinkan orang-orang mengakses apa saja dan dari mana saja, tidak terbatas ruang dan waktu. Hal ini memungkinkan Anda memiliki pasar yang lebih luas, bahkan, secara global.

 

- Advertisement -

Apabila produk Anda sudah dikenal banyak orang, Anda dapat melakukan shipping ke belahan dunia lain. Jelas, keuntungan Anda akan semakin bertambah.

 

Dari penjelasan manfaat di atas, bukankah sebuah kerugian ketika Anda tidak memiliki website toko online?

 

Anda dapat membuatnya secara mudah dan cepat. Tidak perlu takut jika Anda adalah pebisnis baru karena dapat mengunduh ebook gratis panduan mudah membuat website toko online.

 

Ebook ini akan membantu dalam membangun website toko online, mulai dari memilih hosting Indonesia berkualitas dan terpercaya hingga cara mengelola website toko online dengan optimal.

 

Jadi, mau menunggu apa lagi untuk membangun website toko online?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.