TutorialAplikasiBisnis

7 Cara Daftar TikTok Shop Untuk Pemula Terbaru 2022

Cara Daftar TikTok Shop – Seiring dengan kemajuanan dan kepopulerannya, kini aplikasi TikTok tidak hanya digunakan sebagai platform video bersuara saja. Namun juga dijadikan sebagai ranah bisnis.

Baru-baru ini aplikasi TikTok telah mencetus fitur baru, yaitu TikTok Shop. Fitur tersebut menjadi salah satu hal  yang sangat diminati oleh masyarakat karena sangat efektif dan mudah digunakan untuk berjualan maupun berbelanja.

Lantas bagaimana cara daftar TikTok Shop? Yuk, simak ulasan dibawah ini agar pendaftaran kamu berhasil diterima.

Apa itu TikTok Shop? 

Apa itu TikTok Shop?

TikTok Shop merupakan salah satu fitur TikTok yang memungkinkan pengguna untuk menelusuri, memilih dan membeli barang tanpa perlu keluar dari aplikasi TikTok.

Fitur belanja ini hadir di TikTok sebagai respon terhadap meningkatnya penjualan berbagai produk setelah brand melakukan promosi melalui platform media sosial tersebut.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Video TikTok Yang Terhapus Terbaru 2022

Syarat Untuk Daftar Akun TikTok Shop

Sebelum mengetahui cara daftar TikTok Shop, ada baiknya kamu mencari tahu syarat dan ketentuan untuk daftar akun yang telah dibuat oleh pihak TikTok.

Adapun syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran TikTok Shop, yakni sebagai berikut :

  • Pemilik akun harus berusia minimal 18 tahun.
  • Memiliki KTP atau Paspor.
  • Pemilik akun harus memiliki rekening bank.
  • Akun TikTok memiliki minimal 2000 followers.
  • Akun TikTok aktif memposting video selama 28 hari terakhir.
  • Toko dan produk yang dijual sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Apabila keenam syarat diatas sudah terpenuhi, kamu bisa langsung melakukan pendaftaran dengan beberapa langkah mudah dan praktis.

Cara Belanja di TikTok Shop

Lantas  bagaimana cara berlanja di TikTok Shop? Tentunya cara ini sangat mudah dilakukan dan langkahnya hampir sama dengan aplikasi e-commerce lainnya.

Jika kamu belum mengetahui cara belanja di TikTok Shop, berikut simak tutorialnya:

  • Buka aplikasi TikTok kamu terlebih dahulu.
  • Kunjungi akun TikTok atau merchant yang ingin kamu beli produknya.
  • Kemudian pilih ikon shop, maka disana akan tertera berbagai produk.
  • Setelah itu, kamu bisa pilih jenis produk yang ingin kamu beli dengan cara klik produk yang ingin dibeli.
  • Jika ingin membeli lebih dari 1 produk, pilih opsi Buy Now atau Add Cart.
  • Masukkan alamat kamu, lalu pilih metode pembayaran yang ingin kamu gunakan.
  • Klik ikon Place Order untuk menyelesaikan pembelian.

Selanjutnya tunggu TikTok mengkonfirmasi pembelian dan pembayaran yang telah kamu lakukan untuk diproses ketahap pengiriman barang kealamat yang telah kamu cantumkan.

Cara Daftar TikTok Shop Untuk Pemula

Apabila kamu ingin mendapatkan cuan dengan langkah yang sangat mudah, mendaftarkan TikTok shop merupakan solusi terbaik yang bisa kamu coba.

Nah, penasaran dan ingin tahu cara daftar TikTok shop? Berikut simak informasi dibawah ini terkait cara daftar TikTok shop, yakni sebagai berikut :

  • Silahkan kunjungi situs https://seller-id.tiktok.com/account/register.
  • Kemudian klik Daftar dengan akun TikTok.
  • Selanjutnya klik Sign Up jika belum memiliki akun, atau klik login jika sudah memiliki akun.
  • Setelah berhasil masuk, klik Authorize/ Otorisasikan untuk mengizinkan TikTok Shop mengakses akun TikTok.

  • Setelah itu, isi semua Formulir informasi pendaftaran yang diminta mulai dari (Nama toko, Upload KTP, Email Aktif dan Kode verifikasi).
  • Jika sudah diisi klik submit, lalu tunggu sampai TikTok memberikan konfirmasi.

  • Jika sudah mendapatkan konfirmasi dari TikTok terkait pendaftaran TikTok Shop, kamu sudah bisa melakukan transaksi jual beli melalui fitur ini.

Cara Menambahkan Produk Baru di TikTok Shop

Setelah mengetahui cara daftar TikTok Shop, ada baiknya kamu menyimak informasi berikut apabila pendaftaran kamu berhasil diterima.

Cara ini sangat mudah dilakukan, adapun cara menambahkannya yakni sebagai berikut :

  • Silahkan buka browser kamu kemudian akses link berikut ini https://seller-id.tiktok.com/account/welcome melalui akun TikTok Shop yang sudah terdaftar.
  • Pada menu homepage, pilih menu Tambahkan Produk Baru atau Add New Product.
  • Tambahkan nama produk, kategori dan tambahkan brand baru ke TikTok Shop.
  • Agar lebih menarik, kamu bisa menambahkan informasi produk lebih detail seperti foto produk, variasi produk, deskripsi produk dan informasi pengiriman produk.
  • Jangan lupa hubungkan rekening Bank dengan akun TikTok Shop untuk menyimpan hasil penjualan kamu.

Tips Agar TikTok Shop Laris Manis

Apabila sudah berhasil melakukan cara daftar TikTok Shop dan ingin mencari cara agar produk yang kamu jual langsung meningkat. Nomis.id akan memberikan beberapa tips agar penjualan produk kamu laris manis. Berikut simak tipsnya dibawah ini!

1. Optimalkan Katalog Produk

Shopping Tab merupakan etalasi utama bagi tokomu di TikTok. Oleh sebab itu, kamu harus bisa mengkreasikan tokomu agar terlihat menarik dilihat oleh pelanggan sehingga mereka tertarik untuk berbelanja.

Upload foto produk yang akan kamu promosikan agar katalog tersusun dengan rapi. Kamu juga perlu memperhatikan gaya pengambilan foto produk agar brand-mu terlihat konsisten.

Selain itu, kamu juga harus mempastikan judul memuat nama produk dengan batas 34 karakter ketika mengisi judul produk.

2. Bekerja sama dengan influencer

Apabila kamu tidak memiliki pengalaman dalam tren yang unik dan tidak memiliki humor di dunia pertiktokan, ada baiknya kamu bekerja sama dengan influencer. Hal ini akan menambahkan keuntungan bagi kamu, terutama dalam menambahkan followors dan enggement di akun bisnis kamu.

Tetapi selalu pastikan jika kamu memilih influencer yang benar-benar paham dan sesuai dengan brand produk yang kamu jual.

3. Promosikan TikTok Shop

Selain cara diatas, mempromosikan TikTok Shop juga merupakan salah satu tips agar TikTok Shop kamu laris manis.

Buatlah konten video yang pendek di TikTok,kemudian kreasikan sesuai dengan target pasaran yang kamu buat. Karena hal tersebut dapat membantu kamu dalam mempromosikan produk dan toko kamu di TikTok.

Selain itu kamu juga bisa mendeskripsikan brand kamu di Bio dan jangan lupa sisipkan CTA ke katalog produk TikTok Shop atau website toko online sebagai cara untuk mengarahkan calon pelanggan agar berbelanja ke toko kamu.

Kesimpulan

Cara Daftar TikTok Shop Untuk Pemula
Cara Daftar TikTok Shop Untuk Pemula

Sudah tahukan bagaimana cara daftar TikTok Shop? Nah, agar pendaftaran kamu berhasil diterima kamu bisa memastikan terlebih dahulu apakah syarat dan ketentuan yang telah di buat sudah terpenuhi.

Apabila syarat dan ketentuan diatas belum terpenuhi, ada baiknya kamu memenuhinya terlebih dulu. Agar cara daftar TikTok Shop tidak sia-sia. Selamat mencoba dan semoga berhasil diterima!

Baca Juga : 10 Cara Mendapatkan Uang Dari Tiktok Untuk Pemula, Hanya Modal Kuota !

Sanra Hutagalung

Menyukai hal baru seputar trend Internet dan Informasi masa kini
Back to top button