TutorialAplikasi

12 Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Login 2022, Solusi Lengkap

Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Login- Kamu tidak bisa login Aplikasi DANA ? sudah coba beberapa cara masih belum berhasil juga ,hal ini memang cukup membuat kesal terlebih disaat itu kamu sedang membutukan aplikasi DANA untuk transaksi atau keperluan tertentu.

Namun jangan Kuatir,kali ini Nomis.id akan mengulas lengkap Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Login terbaru yang dapat kamu coba,tanpa berlama-lama berikut informasi lengkapnya !

Beberapa Penyebab Akun DANA Tidak Bisa Login

Sebelum masuk ke Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Login berikut kami rangkum beberapa penyebab yang menjadi sumber masalah login Aplikasi DANA,penyebabnya dapat berasal dari Ponsel terinstal maupun Aplikasi DANA sendiri.

Masalah Pada Aplikasi DANA Masalah Pada Ponsel Terinstal Aplikasi DANA
Aplikasi DANA Sedang Error (Server Maintenance) Ponsel Pernah di Root
Terdeteksi Double Login Perangkat Koneksi Internet Tidak Stabil
Akun DANA dibekukan/Terblokir RAM tidak mencukupi untuk jalankan Aplikasi
Belum Update ke Versi Terbaru Aplikasi DANA yang terinstal sumber Tidak Resmi
Salah PIN lebih dari 3 kali Cache Smarthphone Bermasalah
Akun DANA di Hack Belum Update Software Ponsel terinstall
Cache Aplikasi Masih Tersimpan Diblokir oleh Penyedia WiFi

Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Login, Mudah dan Ampuh

Jika sudah mengetahui Beberapa penyebab dari tidak bisa login aplikasi DANA diatas ,berikut kami paparkan secara lengkap cara untuk mengatasinya.

Solusi lengkap Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Login ,yaitu :

Baca Juga : 10 Cara Transfer Dana ke ShopeePay 2022, Langsung Masuk

  • Hapus Cache Pada Aplikasi

Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Login yang pertama patut kamu coba yaitu dengan menghapus Cache atau Cookies Pada aplikasi ,Berikut Langkah-langkahnya :

  1. Buka Setelan atau Pengaturan Ponsel.
  2. Pilih Aplikasi>Kelola Aplikasi>Cari Aplikasi DANA.
  3. Akan muncul tampilan Info Aplikasi,Klik Penyimpanan.
  4. Kemudian Hapus Data > Pilih Cache
  5. Selesai.
Hapus Cache Pada Aplikasi

Silahkan dicoba ulang login aplikasi DANA kamu,Jika cara tersebut belum berhasil kemungkinan Cache atau Cookies Aplikasi belum terhapus seluruhnya,untuk itu coba langsung Hapus dan Install Ulang Aplikasi.

Hapus dan Install Ulang Aplikasi

Berikut langkah-langkahnya .

  1. Setelah masuk pada tampilan Info Aplikasi
  2. Klik Hapus Data pada bagian pojok bawah tampilan 

Cara ini menghapus Seluruh Data dan Cache Aplikasi DANA kamu sehingga sebelum menghapus DATA ada baiknya data-data login sudah disimpan terlebih dahulu.

Setelah itu coba kembali login ,jika beruntung cara pertama ini sudah menyelesaikan permasalahan akun DANA kamu yang tidak bisa login.

Adapun Untuk Cara cepatnya kamu cukup uninstall dan unduh aplikasi kembali melalui Playstore/Apsstore di ponsel kamu,jika repot mengunduh kamu cukup gunakan cara diatas tadi.

  • Cek Koneksi Internet

Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Login Selanjutnya yaitu dengan Memastikan Koneksi internet pada ponsel stabil atau tersedia,pasalnya Aplikasi DANA sangat sensitif akan hal ini.

Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka Setelan & Pengaturan
  2. Pilih menu Kartu SIM dan Jaringan.
  3. Akan tampil Info kartu yang kamu pakai dan detail Jaringan.
  4. Pilih Kartu Paket Data kamu > Tipe Jaringan Prioritas> Jaringan 4G+.
Cek Koneksi Internet

Untuk cara cepat mengecek koneksi internet stabil atau tidak kamu juga dapat mengunjugi Situs Speedtest.net ,situs ini dapat kamu pakai untuk cek kecepatan jaringan seluler sedang aktif pada ponsel kamu.

Jika sudah dirubah ,coba ulang untuk login akun dana kamu cara diatas biasanya cukup ampuh jika memang permsalahannya ada pada koneksi internet pada Ponsel.

Tukar Posisi SIM Card DANA Akun Terdaftar

Kamu sudah coba cara diatas dan login akun DANA masih tetap tidak bisa,kamu juga dapat mencoba untuk mengganti Posisi SIM Card untuk nomor akun dana terdaftar sebagai solusinya.

Maksudnya ,jika nomor akun DANA kamu sebelumnya terpasang pada SIM 2 ,coba dipindahkan ke SIM 1 Pada Ponsel kamu.

Kemudian kamu dapat test berkala login kembali akun DANA kamu,cara ini biasanya manjur jika permasalahannya terletak pada posisi SIM Card yang salah posisi.

  • Restart Ponsel

Masih belum berhasil dengan beberapa cara diatas,kemungkinan ada masalah pada Ponsel kamu saat aplikasi DANA bekerja terkhususnya saat login untuk masuk kedalam aplikasi.

Restart Ponsel dapat kamu coba untuk mengatasinya,dengan Ponsel yang sudah direstart ulang otomatis Ponsel kembali memulai ulang Sistemnya begitu juga saat ada aplikasi yang ingin dijalankan.

Setelah itu coba bersihkan Cache Ponsel melalui aplikasi bawaan Ponsel kamu dan coba ulang login Akun DANA ,jika beruntung cara ini biasanya langsung berhasil.

Cek Pembaharuan Software Ponsel

Jika belum berhasil juga ada kemungkinan Ponsel yang kamu gunakan belum diperbaharui ke versi terbaru,yang diperbaharui disini yaitu kesuluruhan Sistem Operasi Smartphone,biasanya Notifikasi Pembaharuan akan muncul pada layar Ponsel dan sifatnya segera.

Jika notifikasi Pembaharuan tidak muncul kamu dapat memperbaharui langsung ponsel kamu berikut langkah-langkahnya :

  1. Masuk Ke menu Setelan & Pengaturan.
  2. Cari menu Tentang Telpon atau Pembaharuan Aplikasi Sistem.
  3. Jika sudah masuk Info Ponsel kamu akan terlihat berikut dengan Detail Pembaharuan yang harus segera diupdate.
  4. Lakukan Pembaharuan dan tunggu prosesnya hingga selesai.
Cek Pembaharuan Software Ponsel

Umumnya setelah selesai Ponsel akan Restart sendiri dan aktif kembali,setelah itu kamu dapat buka aplikasi DANA kamu dan coba login kembali.

  • Update Aplikasi DANA ke versi Terbaru

Bukan hanya Ponsel saja yang meminta pembaharuan menjadikan kamu tidak bisa login aplikasi,mengupdate aplikasi juga dapat kamu sebagai Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Login.

Untuk Langkah-langkahnya cukup mudah.

  1. Silahkan Cari Aplikasi Playstore/Apsstore.
  2. Pada Kolom pencarian ketik aplikasi DANA.
  3. Aplikasi akan muncul klik bagian Update.
  4. Tunggu prosesnya update hingga selesai
  5. Kemudian login kembali kedalam Alikasi.
Update Aplikasi DANA ke versi Terbaru

Terkadang tidak mengupdate aplikasi dapat menyebabkan aplikasi tidak bekerja optimal dikarenakan masih versi sebelumnya,pastinya dapat menyebabkan tidak bisa login dsb,Maka dari itu Setelah Update aplikasi DANA dipastikan saat login kembali akan normal.

  • Manfaatkan Aplikasi VPN

Terkait dengan Koneksi Internet yang menjadi permasalahan saat login aplikasi DANA,dengan bantuan Aplikasi VPN juga dapat kamu coba sebagai Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Login.

Untuk langkahnya cukup mudah ,yaitu :

  1. Jika belum memiliki Aplikasi VPN coba diunduh terlebih dahulu.
  2. Jenis VPN Bebas pilih yang gratis.
  3. Setelah terunduh Buka aplikasi VPN dan hubungkan secara otomatis.
  4. Kemudian buka aplikasi DANA dan lakukan login ulang.
Manfaatkan Aplikasi VPN

Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Login yang satu ini biasanya ampuh dikarenakan menggunakan VPN otomatis jaringan yang kamu gunakan menjadi private dan tidak tergabung kepublik.

  • Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Login Dengan Lupa PIN

Mecoba ganti PIN DANA langsung lewat fitur Lupa PIN pada tampilan awal biasanya dapat menyelesaikan permasalahan tidak bisa login ini.

Ketuk Menu Lupa PIN dan masukkan email terdaftar kamu pada kolom yang diminta,nantinya link reset PIN akan dikirim ke email kamu,silahkan kamu cek dan reset PIN kamu.

Kemudian kamu dapat coba login ulang aplikasi DANA,jika beruntung kamu dapat langsung masuk aplikasi seperti biasanya.

  • Login di Perangkat Berbeda

Sudah coba Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Login diatas tetapi belum berhasil juga,dan masih di ponsel yang sama,untuk itu kamu boleh coba tes cara diatas di ponsel yang berbeda.

Dikarenakan mungkin terdapat masalah pada ponsel yang terinstal aplikasi DANA tersebut,sehingga dengan mencoba login pada perangkat yang berbeda dapat diketahui permasalahannya pada aplikasi atau ponsel yang terdaftar aplikasi tersebut,kamu dapat pinjam Ponsel Saudara,teman atapun keluarga .

  • Pastikan RAM Ponsel Mencukupi

Pastikan RAM Ponsel Mencukupi

Masalah Akun DANA tidak bisa login dapat disebabkan oleh kapasitas RAM ponsel yang sudah sangat memadai sehingga saat aplikasi berjalan tidak maksimal pada latar belakang.

Beberapa Ponsel Versi lama bahkan baru sekalipun kadang memiliki masalah ini,biasanya disebabkan oleh aplikasi yang terinstall pada Ponsel terlalu banyak atau membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan.

Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Login yang satu ini tujuannya untuk meringankan pemakaian RAM untuk aplikasi yang sedang berjalan terkhsusnya aplikasi DANA.

Berikut Solusi untuk masalah ini :

  1. Buka Setelan > Aplikasi.
  2. Hapus Aplikasi dengan Size besar (RAM terpakai juga besar).
  3. Clear Aplikasi yang berjalan pada latar belakang.
  4. Kemudian buka hanya aplikasi DANA dan coba login kembali.
  • Menghubungi CS DANA langsung

Menghubungi CS DANA langsung

Jika kamu sudah mencoba semua Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Login yang kami paparkan diatas dan masih belum berhasil juga,Menghubungi CS DANA merupakan solusi terakhir untuk masalah tersebut.

Bagi yang belum tahu caranya,berikut langkah-langkahnya :

Silahkan hubungi Kontak Bantuan DANA dibawah ini.

  • Email > Help@Dana.id
  • Telpon : 1500 445
  • Whatsapp : 08191 1500 445
  • Sosial Media : Dana Indonesia.
  1. Masukkan Nama akun DANA dan Nomor Terdaftar.
  2. Email dan Merk Perangkat yang dipakai Login bermasalah.
  3. Jelaskan kronologis akun kamu mengapa tidak bisa login secara singkat dan detail.

Jika menghubungi via Pesan online ,biasanya akan dibalas langsung dan untuk proses investigasi memakan waktu 1×24 jam(bisa lebih cepat atau lambat) begitu juga Untuk via telfon metode dan waktunya hampir sama.

Tips Menghindari Akun DANA Tidak Bisa Login

Jika beberapa diatas ada yang berhasil,Selamat dan jika sudah kembali login didalam aplikasi ada baiknya kamu menghindari agar kejadian yang sama tidak terulang kembali.

Berikut beberapa Tips yang dapat kami berikan untuk hal tersebut :

  • Jangan Double Login,Aplikasi DANA sangat sensitif terhadap penggunaan akun pada beberapa perangkat sekaligus.
  • Hindari Logout dan Login aplikasi berulang,DANA akan mendeteksi penggunaan yang tidak wajar pada akun.
  • Saat Login pastikan PIN Serta OTP yang dimasukkan benar.
  • Unduh Aplikasi dari Sumber Resmi (Playstore/Appstore).
  • Menggunakan Ponsel yang normal bukan bekas Root dsb.
  • Selalu Cek Kestabilan Koneksi Internet yang terhubung.
  • Rutin Cek Kapasitas RAM pada ponsel.

Baca Juga : 10 Cara Convert Pulsa Ke DANA Rate Tinggi 2022

Kesimpulan

Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Login
Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Login

Itulah Informasi lengkap Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Login yang dapat kami paparkan untuk kamu,silahkan kamu coba dari cara yang menurut kamu mudah dipahami,Semoga Berhasil .

Heri Sipahutar

Silent Reader Quora yang senang berbagi tutorial seputar Internet dan Teknologi untuk pembaca setia Nomis.id
Back to top button