Tutorial

10 Cara Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita Dengan Mudah

Bingung cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita dengan mudah? Yuk, langsung saja simak penjelasan informasi berikut ini.

Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling digemari hingga pada saat ini. Karena akun instagram tersebut dapat login lebih dari empat perangkat pada 1 aplikasi. Maka tidak jarang para pengguna terjerat dengan web phising yang mengakibatkan terjadinya peretasan akun.

Sejak dulu aplikasi instagram sudah menyediakan fitur aktivitas login, untuk itu kamu bisa mengecek apabila ada perangkat yang tidak kamu kenali. Untuk cara mengetahui perangkat yang login instagram kita, kamu bisa simak penjelasan dibawah ini.

Sekilas Tentang Fitur Aktivitas Login Instagram

Aktivitas Login merupakan salah satu fitur instagram yang berfungsi untuk melihat lokasi beserta perangkat yang melakukan login di akun instagram.Sehingga apabila ada hal yang mencurigakan, pengguna dapat mengatur akses keluar untuk perangkat lain kemudian segera mengganti password.

Untuk itu pastikan instagram kamu sudah di update ke versi terbaru. Ada dua langkah yang akan di ulas terkait cara mengetahui device yang login instagram yaitu melalui HP dan Laptop. Langsung saja simak informasi penjelasannya.

Baca Juga : 9 Cara Mengetahui Pola HP orang lain : Mudah Tanpa Ribet

Cara Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita Melalui HP dan Laptop

Ada dua cara mengetahui perangkat yang login di instagram kita yakni melalui HP dan Laptop. Penasaran dan ingin tahu bagaimana caranya? Yuk, langsung saja simak informasi penjelasan dibawah ini.

1. Melalui Handphone

Cara yang paling mudah dan praktis dilakukan yaitu mengecek langsung dari aplikasi Instagram dengan fitur aktivitas login. Untuk itu kamu tidak perlu menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Adapun cara mengetahui perangkat yang login instagram kita melalui HP, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Instagram kamu terlebih dahulu.
  • Pada halaman utama profil, klik icon garis tiga yang terletak di sisi sudut sebelah kanan.

  • Klik menu pengaturan, lalu pilih opsi Keamanan.

  • Selanjutnya, pada menu keamanan pilih opsi Aktivitas Login.

  • Setelah itu, kamu bisa lihat aktivitas login yng ada di akun instagram kamu mulai dari lokasi tempat login, waktu dan perangkat yang digunakan.

2. Cara Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita Melalui Laptop

Selain menggunakan HP, tentu saja kamu juga bisa mencari cara mengetahui perangkat yang login instagram kita dengan dengan menggunakan laptop maupun PC.

Berikut langkah cara mengetahui perangkat yang login instagram kita dengan menggunakan laptop, yakni sebagai berikut :

  • Silahkan buka akun instagram pribadi kamu di laptop.
  • Pada halaman utama profil, klik icon garis tiga yang terletak disisi sudut sebelah kiri.
  • Kemudian, pilih opsi menu settings.
  • Lalu klik Login activity.
  • Selanjutnya kamu bisa melihat perangkat yang login ke akun instagram kamu beserta dengan waktu login nya.

Apabila ada salah satu perangkat yang tidak kamu kenali mencoba mengakses akun instagram kamu, ada baiknya kamu mengganti password akun instagram.

Cara Melihat Email dari Instagram Terkait Aktivitas Login

Selain cara mengetahui perangkat yang login instagram kita, kamu juga harus mengetahui cara ini. Menariknya, aplikasi ini juga bisa mengecek aktivitas login instagram melalui email yang sudah kamu tautkan sebelumnya di aplikasi instagram.

Namun, apabila kamu lupa dengan alamat email yang telah kamu tautkan sebelumnya, kamu bisa mengubah email tersebut agar kamu dapat mengaksesnya.

Jika email sudah berhasil di ubah, setiap akun instagram kamu masuk di perangkat yang berbeda, kamu akan mendapatkan notifikasi email seperti gambar dibawah ini.

Contoh Notifikasi Email Perangkat Login Instagram

Kamu juga dapat melihat aktivitas login akun instagram dengan menggunakan menu detail informasi login. Berikut cara untuk membuka fiturnya :

  • Pada halaman utama profil, klik icon tiga garis yang terletak disisi sudut sebelah kanan.
  • Klik menu pengaturan, lalu pilih opsi Keamanan.
  • Selanjutnya, pada menu keamanan pilih opsi Email Dari Instagram.
  • Kamu bisa cek detail email yang dikirim mulai dari jam, waktu email dikirim dan perangkat yang digunakan pada saat login ke akun tersebut.

Tips Agar Akun Instagram Tidak di Hack

Selain cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita, kamu juga harus tahu apa saja tips agar dapat mengantisipasi akun Instagram kamu di Hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

  • Aktifkan Otentifikasi Dua Langkah

Fitur ini merupakan salah satu sistem keamanan akun yang mewajibkan pengguna untuk melakukan dua langkah verifikasi, jika ingin masuk ke dalam akun tersebut.

Jadi pada saat ada perangkat yang tidak dikenali mencoba untuk mengakses akun kamu, pengguna tersebut wajib memasukkan kode khusus yang dikirim melalui SMS maupun email.

Berikut beberapa langkah cara mengaktifkan Otentifikasi dua langkah di instagram, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Pada menu profil, klik icon tiga garis yang terletak di sisi sudut sebelah kanan layar.
  • Pilih opsi pengaturan > keamanan.
  • Selanjutnya klik Autentikasi Dua Faktor.
  • Akan muncul 2 metode untuk mendapatkan kode login, yakni aplikasi, WhatsApp dan SMS. Kamu bisa pilih salah satunya.

Masukkan 6 digit kode yang dikirimkan, selanjutnya akan diberikan 5 kode login. Kamu bisa menyimpan kode login tersebut apabila lupa password akun instagram.

  • Hindari Penggunaan Aplikasi dan Situs yang Mencurigakan

Hindari login akun instagram melalui aplikasi, situs dan game yang berbahaya, agar akun kamu tetap aman dan terjaga dari orang-orang yang ingin meretas akun instagram kamu. Untuk itu pergunakan aplikasi yang sumbernya sudah valid dan jelas.

  • Gunakan Password Yang Kuat

Saat ini, sudah sangat banyak orang yang memiliki pemikiran yang maju dan segala cara dapat dilakukan dengan mencapai keinginannya. Termasuk dalam menghack akun instagram orang lain. Maka kamu bisa menghindari penggunaan password yang lemah, seperti tanggal lahir. Karena hal tersebut sudah bersifat publish.

  • Log Out Akun Saat Login di Perangkat Orang Lain

Ini merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan para pengguna Instagram. Sering sekali kita meminjam ponsel orang lain maupun teman untuk membuka instagram, tetapi lupa untuk mengeluarkannya. Sehingga mengakibatkan semua Direct Message (DM) yang berada diakun kamu dibaca dan privasi kamu juga sudah tidak terjaga lagi.

Baca Juga: 9 Cara Mengetahui Pola HP orang lain : Mudah Tanpa Ribet

Kesimpulan

Cara Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita
Cara Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara mengetahui perangkat yang login instagram kita? Untuk itu tetap pantau sosial media kamu agar tidak disalah gunakan. Apabila kamu ingin akun instagram kamu tetap aman kamu juga bisa mencoba tips yang telah dijelaskan diatas.

Jika kamu mendapatkan info login dari perangkat yang tidak dikenali,  baik melalui SMS, email maupun aplikasi. Segera mengubah password kamu agar terhindar dari peretasan. Selamat Mencoba!

Sanra Hutagalung

Menyukai hal baru seputar trend Internet dan Informasi masa kini
Back to top button