6 Contoh Surat Pernyataan Yang Baik Dan Benar Lengkap

0

Contoh Surat Pernyataan – Surat pernyataan dibuat apabila seseorang ingin menyatakan sesuatu dalam bentuk tertulis. Ada banyak aspek yang dalam penerapannya membutuhkan surat pernyataan. Dalam berbagai bidang pun surat pernyataan selalu digunakan untuk beragam keperluan.

Termasuk bidang pekerjaan, pendidikan, maupun urusan pribadi. Lalu, bagaimana contoh surat pernyataan ini? Berikut ulasannya.

contoh surat penyataan

Pengertian Surat Pernyataan

Mengenai pengertian dari surat pernyataan, ada beberapa perbedaan. Pengertian pertama menjelaskan bahwa surat pernyataan adalah surat yang menyatakan an bahwa orang tersebut tidak atau sedang melakukan sesuatu hal.

Ada juga yang mengatakan bahwa surat pernyataan ialah surat yang menyatakan sanggup atau tidaknya seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan yang diminta, misalnya ketika melamar pekerjaan. Dalam membuat surat pernyataan, jangan lupa untuk menempelkan materai atau apa saja yang berkaitan dengan legalitas hukum.

Fungsinya adalah, jika pada suatu hari, terbukti orang yang menandatangani surat pernyataan tersebut tidak bisa memenuhi sebagaimana isinya maka bisa dijerat oleh undang-undang di Negara Indonesia. Fungsi lainnya adalah untuk menguatkan keabsahan isi surat tersebut.

contoh surat penyataan

 

Contoh Isi Dari Surat Pernyataan

Sebagian dari Anda mungkin masih bingung seperti apa bentuk dari surat pernyataan yang biasa diminta oleh beberapa lembaga untuk keperluan masing-masing. Di bawah ini ada beberapa contoh surat pernyataan yang bisa dijadikan sebagai refrensi untuk keperluan Anda.

 

1. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

Contoh pertama adalah surat pernyataan kesanggupan seseorang dalam membayar Uang Kuliah Tunggal ( UKT ). UKT sendiri harus dibayar oleh tiap mahasiswa per 6 bulan sekali dan jumlahnya sesuai dengan ketentuan masing-masing kampus.

 

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN

MEMBAYAR UANG KULIAH TUNGGAL ( UKT )

TAHUN AKADEMIK 2019-2020

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Orangtua : Khoirul Anam S.Pd

Pekerjaan: Guru

Alamat: Jalan P. Moyo No. 1 Jember

No. Telp/ HP: 081234567890

Adalah Orangtua dari Calon Mahasiswa/I :

Nama: Putri Ayu

Nomor Tes: E45678

No. Telp Mahasiswa/I : 0897654321

Program Studi Pilihan: Ekonomi Syariah

- Advertisement -

Jalur Seleksi: SPAN PTKIN

Memberi dukungan penuh untuk urusan operasional, pembinaan akademik dan berkaitan dengan pembayaran Uang Kuliah Tunggal ( UKT ) yang telah ditetapkan oleh pihak Institut Agama Islam Negeri Jember. Saya menyatakan sanggup untuk membayar UKT apabila anak saya masuk ke Institut Agama Islam Negeri Jember dan membayar biayanya di awal semester.

Demikian surat pernyataan ini saya buat tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Jember, 1 Januari 2016

Yang Membuat Pernyataan

Orang tua

 

2. Contoh Surat Pernyataan Diri

 

Contoh surat pernyaan ini dibuat untuk menyatakan diri secara pribadi, Dalam surat pernyataan biasanya digunakan bagi sebagian orang untuk mendaftar sekolah, melamar pekerjaan, dan juga bisa digunakan untuk yang lain-lain

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Rusdiansyah Putra

Alamat: Dusun Cikal Bakal, Desa Karang Rejo

No KTP: 1205056798892387

dengan ini menyatakan bahwa saya:

1. Sama sekali tidak pernah terlibat penggunaan narkotika atau zat adiktif lain.

2. Sama sekali tidak pernah terlibat dalam kegiatan untuk menggunakan, memasarkan atau menyebarluaskan narkotika.

3. Tidak pernah  diberhentikan atau dipecat dari status sebagai pegawai di instansi saya bekerja sebelumnya.

4. Tidak terlibat  aktivitas partai politik baik sebagai anggota maupun sebagai pengurus.

Demikian surat pernyataan ini saya  buat dengan sebenar-benarnya sebagai persyaratan untuk mengikuti Tes Masuk Sekolah Pelayaran . Saya bersedia menerima konsekuensi hukum apabila pernyataan diri ini di kemudian hari terdapat kesalahan.

Yogyakarta, 12 Oktober 2015

Rudy

(tanda tangan di atas Materai):

 

3. Surat Pernyataan yang Menyatakan Berperilaku Baik

Biasanya surat pernyataan berperilaku baik dibutuhkan ketika Anda hendak mendaftar ke sebuah universitas ataupun melamar suatu pekerjaan. Berikut contoh surat pernyataan berperilaku baik selengkapnya.

 

SURAT PERNYATAAN BERPERILAKU BAIK

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Fitri Ayuningtyas

TTL: Surabaya, 10 November 1998

Agama: Islam

Alamat: Jalan Jenderal Sudirman No. 3 Surabaya

Dengan ini menyatakan bahwa saya :

  1. Tidak pernah dipenjara atas kesalahan yang melanggar hukum
  2. Tidak pernah dipecat dari pekerjaan
  3. Tidak pernah melakukan tindakan kejahatan yang merugikan orang lain

Demikian surat pernyataan berperilaku baik saya buat dengan sadar dan tidak adanya paksaan dari siapapun. Jika di suatu hari nanti pernyataan di atas tidak benar, saya siap menerima hukumannya.

Surabaya, 2 Januari 2016

Yang membuat pernyataan,

 

Materai 6000

Ttd Fitri Ayuningtyas

 

4. Surat Pernyataan Belum Berkeluarga

Surat pernyataan yang menyatakan bahwa Anda belum berkeluarga biasa sangat diperlukan ketika terjun ke dunia karier. Simak contoh dari surat pernyataan belum menikah di bawah ini.

 

Surat Pernyataan Belum Menikah

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Erick Adrian

Jenis Kelamin: Laki-laki

TTL: Mojokerto, 12 Desember 1995

Agama: Islam

Warga Negara: Indonesia

Alamat: Jalan Merdeka No. 15 Mojokerto

Menyatakan bahwa sampai saat ini saya belum pernah melakukan pernikahan dengan siapapun baik secara adat maupun agama. Saya menyatakan bahwa masih lajang sampai saat ini.

Demikianlah surat pernyataan di atas saya buat dengan keadaan sadar dan tidak ada kebohongan. Jika di suatu hari nanti ditemukan kesalahan, saya siap dijerat sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

 

Mojokerto, 3 Januari 2016

 

5. Contoh Surat Pernyataan Hutang

 

Surat Pernyataan Hutang adalah surat yang memiliki isi pernyataan agar menyelesaikan masalah hutang piutang. Dalam kegunaannya biasanya dijelaskan tentang jumlah berapa banyak hutan dan kapan hutang tersebut akan dilunasi.

 

SURAT PERNYATAAN HUTANG

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama : Andi Syahputra
No. KTP : 20019677892748475
Alamat : Jalan Diponegoro No. 34 Medan

 

Dengan ini menyatakan:

  1. Bahwa, pada tanggal 28 Agustus 2020 saya telah meminjam uang kepada saudara Ahmad Abdul sebesar Rp. 25.000.000 (Dua puluh lima juta rupiah) dan berjanji  melunasi pinjaman tersebut dalam jangka waktu 90 (sembilan puluh) hari atau jatuh tempo pada tanggal 20 Movember 2020;
  2. Bahwa, jika pada saat tanggal jatuh tempo tersebut saya belum mengembalikan pinjaman saya kepada saudara Ahmad Abdul;
  3. Bahwa, dengan ini saya memohon keringanan kepada saudara Ahmad Abdul supaya diberi perpanjangan waktu untuk dapat melunasi pinjaman hutang saya. Batas waktu untuk 20 (dua puluh hari) lagi atau jatuh tempo pada tanggal 10 Desember 2020;
  4. Bahwa, jika saya tidak bisa melunasi pinjaman  sesuai dengan tanggal perpanjangan waktu untuk pelunasan hutang, maka saya bersedia mempertanggungjawabkan hal tersebut secara hukum.

Demikian surat Pernyataan ini saya buat tanpa adanya unsur paksaan maupun tekanan dari berbagai pihak.

Medan, 28 Agustus
Ttd

Irwansyah:

 

6. Contoh Surat Pernyataan Bebas Narkoba

 

Contoh surat pernyataan bebas narkoba sering kali digunakan seorang pencari kerja untuk melamar kerja, biasanya perusahaan BUMN mengharuskan calon karyawannya untuk menyertakan Surat pernyataan bebas narkoba. Surat pernyataan bebas narkoba juga dapat dibuat oleh diri sendiri. Jadi ini berbeda dengan surat keterangan bebas narkoba yang umumnya telah dikeluarkan oleh pihak rumah sakit atau kepolisian.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Andi Pratama Sinaga
Tempat & Tgl. Lahir: Langkat, 4 November 1997
Agama : Muslim
Alamat : Jl. Pendidikan No. 15 USU

Dengan ini menyatakan bahwa saya:

Tidak pernah terlibat kasus narkoba maupun terlibat menggunakan narkoba dalam bentuk apapun.

Demikian surat pernyataan ini saya buat, dengan sebenar-benarnya. Saya bersedia untuk menerima segala tindakan ataupun sanksi jika kemudian hari saya terbukti memakai atau terlibat narkoba.

Medan, 8 Agustus 2020

Yang membuat pernyataan,

(Tandan tangan dan materai):

Andi Pratama Sinaga

 

 

Cara Membuat Surat Pernyataan

Setelah mengetahui contoh surat pernyataan berikut adalah bagaimana cara membuatnya. Di bawah ini adalah tahapan penulisan surat pernyataan yang baik dan benar.

1. Tujuan Menulis Surat Pernyataan

Tahapan awal adalah Anda harus tahu apa tujuan dari penulisan surat pernyataan tersebut. Apakah ingin menyatakan kesanggupan untuk melakukan pekerjaan yang diminta, untuk menjelaskan bahwa sedang tidak menerima sesuatu dari pihak lain, atau untuk menyatakan hal-hal bersifat material.

2. Media Untuk Menulis

Setelah mengetahui tujuan penulisan, Anda harus menyiapkan media apa yang bisa digunakan. Misalnya dengan memakai laptop atau computer. Demikian juga aplikasi Microsoft office Word yang tersedia di dalamnya.

3. Format Penulisan

Anda juga harus mengetahui bagaimana format penulisan surat pernyataan yang ingin dibuat. Misalnya surat pernyataan untuk menyatakan kesediaan membayar Uang Kuliah Tunggal maka data yang diperlukan berasal dari Orangtua dan calon mahasiswa. Atau misalnya surat pernyataan diri sendiri, maka data yang harus disertakan yakni riwayat pribadi.

4. Jangan Lupa Untuk Menuliskan Nama di Bagian Penutup

Selanjutnya adalah menyertakan nama terang Anda di bagian penutup surat. Hal ini dilakukan untuk menjamin keabsahan dari surat pernyataan tersebut. Biasanya selain nama terang Anda, untuk menjamin keabsahannya, dibubuhi dengan tanda tangan dan materai 6000.

5. Baca Kembali Hasil Ketikan Anda

Setelah selesai di bagian penutup, jangan langsung melakukan finishing. Alangkah baiknya untuk membaca kembali isi surat tersebut khawatir jika ada typo atau kata yang lupa tidak ditulis.

6. Finishing

Tahapan akhir dari cara membuat surat pernyataan adalah melakukan finishing. Jika Anda sudah merasa bahwa isi surat tersebut tidak ada yang perlu diperbaiki lagi, maka silahkan simpan dan cetak di tempat print. Setelah dicetak, tambahkan tanda tangan di bagian penutup, dan sebelumnya tempeli materai 6000.

 

Tujuan Membuat Surat Pernyataan

Setelah contoh surat pernyataan sudah dipahami, selanjutnya Anda juga perlu mengenal apa saja tujuannya. Tujuan pertama adalah untuk memudahkan Anda ketika ingin melamar pekerjaan ke suatu tempat atau mendaftar kuliah di perguruan tinggi.

Tujuan kedua, adanya surat pernyataan ini biasanya berkaitan dengan urusan kedinasan. Biasanya ini dibutuhkan oleh direktur dari suatu perusahaan. Direktur tersebut ingin membuat surat pernyataan terkait dengan permintaan ke anak buahnya.

Tujuan selanjutnya adalah berkaitan dengan urusan kelembagaan misalnya meminta seseorang untuk menyatakan tentang suatu kesanggupan untuk melaukan pekerjaan di lembaga tersebut. Dalam hal ini, biasanya lembaga sendiri telah menyediakan format surat pernyataan yang harus diisi oleh pelamar. Pada intinya, tujuan surat pernyataan ini sesuai dengan jenis isi surat tersebut.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.