Ingin Menjadi Travel Blogger Sukses? Lakukan Tips Ini

0

Jalan-jalan alias travelling saat ini memang menjadi hobi yang sangat digandrungi milenial dan generasi Z. Ditambah dengan penggunaan media sosial, menjadikan hobi travelling bisa menjadi profesi yang menjanjikan sebagai travel blogger. Tak heran kalau banyak orang penasaran ingin mempelajari tips travel blogger demi meraih cuan sambil jalan-jalan.

Karena memang tak dipungkiri, berwisata dari satu tempat ke tempat lain, bertemu dengan orang-orang baru dan menikmati kuliner serta tradisi budaya, tentu sangat menyenangkan. Apalagi kalau semua kegiatan itu dilakukan sambil dibayar, siapa yang bisa menolak menikmati profesi travel blogger, bukan?

Anda termasuk yang tertarik? Maka berikut beberapa tips jadi travel blogger berikut layak untuk dicoba:

1. Pilih Platform Blog yang Tepat

Tips pertama sekaligus langkah paling awal untuk menjadi travel blogger adalah dengan menentukan platform blog yang tepat. Pastikan Anda paham dengan platform yang dipilih supaya mempermudah penulisan konten travelling nantinya. Ada banyak platform yang bisa dipilih baik berbayar atau gratisan mulai dari WordPress, Blogger, Medium, Wix, Joomla hingga Drupal.

2. Tentukan Domain yang Unik

Setelah menentukan platform blog, tips travel blogger berikutnya adalah dengan membeli domain unik. Domain sangatlah penting karena bisa meningkatkan profesionalisme sekaligus brandingi diri. Dalam menentukan nama domain, pilih yang mudah diingat, berikan sentuhan kata kunci yang sesuai dengan niche blog, dan gunakan TLD (Top Level Domain).

Misalkan saja Anda senang travelling sendirian, domain pejalansolo.com, wirawirisendiri.com, solotravelling.com bisa jadi pertimbangan. Begitu pula kalau Anda seorang Muslimah, bisa memilih domain hijabtraveller.com, ukhtipejalan.com dan lain-lain yang tentunya unik dan sesuai niche blog.

3. Sewa Hosting Berkualitas

Jika sudah membeli domain, maka hal berikutnya adalah menyewa layanan hosting. Ada banyak penyedia jasa hosting di Indonesia, tapi pastikan Anda pilih yang berkualitas, profesional dan sudah berpengalaman dengan harga kompetitif. Sesuaikan paket hosting dengan kebutuhan dan kemampuan budget tentunya.

4. Konsisten Bikin Konten

Kalau sudah melakukan tiga tips sebelumnya, maka Anda langsung kelola saja blog-nya. Agar Anda bisa jadi travel blogger sukses, pastikan memiliki konten yang unik dan konsisten update. Perlengkap informasi yang diinginkan pembaca seperti lokasi tempat wisata, tarif masuk, akomodasi yang dibutuhkan hingga perkiraaan biaya yang dikeluarkan.

Dengan konten yang berisi informasi lengkap, Anda tentu bakal dikenal sebagai travel blogger yang inovatif dan layak diikuti.

5. Pahami SEO

Jika membuat blog dengan mudah bisa dilakukan siapapun, maka supaya blog Anda bisa terpilih di antara banyaknya travel blogger lain di internet adalah dengan mempelajari teknik penulisan SEO. SEO adalah faktor penentu sebuah konten bisa muncul di halaman teratas mesin pencarian atau tidak. Ada banyak indikator dari SEO mulai keyword, judul hingga pemilihan foto.

6. Promosi dan Buka Kerjasama

Dan inilah tips travel blogger terakhir yang rajin lakukan promosi di media sosial. Pilih foto terbaik dan tautan ke blog Anda, supaya branding diri sebagai travel blogger makin dikenal. Nanti jika Anda makin populer, jangan ragu untuk menjalin kerjasama dengan brand lain seperti maskapai, hotel hingga agen wisata sehingag Anda bisa jalan-jalan gratis.

Nah, bagaimana? Sebetulnya tidak sulit kan menerapkan tips travel blogger di atas? Untuk itulah bagi Anda yang berminat, jangan ragu untuk mencobanya. Yang terpenting agar bisa meraih sukses adalah selalu konsisten membangun branding diri secara positif, sekaligus menghasilkan konten berkualitas yang unik dan berbeda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.