Jenis Iklan dan Cara Penempatan Iklan Adsterra

0

Sebagai pemilik blog atau webmaster, iklan ibarat darah dalam tubuh, tanpa iklan maka tak akan ada uang yang akan mengalir ke kantong kita dan kita pun tak bisa terus menerus mengurus blog situs kita tanpa uang yang cukup, karena banyak sekali yang dibutuhkan untuk membiayai operasi blog, seperti misalnya biaya hosting, biaya artikel, biaya domain, dan sebagainya.

Salah satu iklan terbaik yang bisa dipasang selain Adsense adalah Adsterra, karena menawarkan CPM yang tinggi serta keragaman iklan yang bisa disesuaikan dengan niche blog kita. Jika kamu sudah memiliki Adsense pun tidak akan ada masalah menggabungkan Adsense dengan Adsterra dalam satu blog, sehingga bisa meningkatkan pendapatan blog kita. Untuk itu, kita harus lebih mengenal jenis iklan Adsterra dan cara penempatan iklan Adsterra yang tepat, agar bisa optimal.

 

Jenis Iklan Adsterra

Ada banyak sekali jenis iklan yang ditawarkan Adsterra, dari mulai native ads, pop under, banner, social bar, web push, dan pre roll video. Apa saja perbedaan dari masing-masing iklan tersebut, mari simak penjelasan berikut ini.

Popunder

Ini adalah jenis iklan yang akan ditampilkan oleh browser pada jendela baru, sehingga pengguna tidak akan terganggu ketika sedang melihat jendela utama. Iklan tersebut akan tetap berjalan pada latar belakang. Iklan popunder ini akan sangat cocok bagi segala niche situs.

Cara kerjanya adalah ketika pengguna masuk ke situs dan kemudian melakukan klik pada iklan, maka iklan akan ditampilkan pada jendela baru yang awalnya akan memaksa pengguna untuk membaca iklan, tetapi pengguna tetap dapat mengalihkannya kembali ke jendela utama.

 

Social Bar

Social bar merupakan revolusi baru yang dikembangkan oleh Adsterra untuk meningkatkan CPM (cost per mile) yang dapat menguntungkan publisher, disamping itu juga akan menguntungkan pemasang iklan (advertiser) karena meningkatkan CTR hingga 10 sampai 30 kali daripada iklan biasa.

Ada beberapa jenis iklan social bar seperti Chat Bar yang bisa meningkatkan keterlibatan pengguna secara langsung dan bisa menggiring ke halaman pemasang iklan. Survey Bar juga akan memberikan keuntungan bagi pemasang iklan dengan mendapatkan respon langsung dari pengguna melalui halaman survey yang diberikan. Video Bar akan menayangkan video dari pemasang iklan agar tampilan situs lebih menarik.

 

Web Push

Iklan web push membutuhkan persetujuan pengguna untuk dapat menerima notifikasi dari browser yang digunakan agar dapat berinteraksi langsung dengan pengguna. Iklan jenis ini sangat efektif untuk menargetkan kepada pengguna yang siap untuk membeli produk dari advertiser.

 

Native Ads

Ini adalah iklan yang paling umum digunakan pada situs yang biasanya dipasang di dalam artikel, baik di awal artikel atau tengah artikel. Adsterra membuat iklan ini sangat menarik dan bisa meningkatkan CTR hingga 8 kali daripada iklan klasik terdahulu.

 

Vast Pre-roll Video

Iklan video yang ditampilkan sebelum konten utama dibuka oleh pengguna. Iklan jenis ini biasanya akan meningkatkan branding dari produk advertiser, dan sangat cocok dipasang di blog dengan niche film, game, dan sejenisnya.

 

Banner

Iklan banner tentu sudah sangat dikenal dapat meningkatkan kampanye iklan dan mendatangkan trafik ke halaman pemasang iklan. Pemasangan iklan banner juga lebih mudah, yang biasanya dipasang pada sidebar blog, dan membuat blog lebih berwarna, variatif dan menarik pengunjung, dan tidak akan mengganggu kenyamanan pembaca.

 

Direct Link

Ini adalah jenis iklan yang menampilkan link dalam situs blog kita yang langsung mengarah kepada situs pemasang iklan, sehingga sangat berguna bagi pemasang iklan dalam meningkatkan trafik dan lead mereka.

 

Cara Penempatan Iklan Adsterra

Untuk dapat menempatkan iklan, kamu harus mendaftar dulu sebagai publisher Adsterra dan kemudian dapatkan kode iklan yang nantinya ditempatkan pada blog yang telah didaftarkan.

Ada dua cara menempatkan iklan pada blog, baik pada Blogspot ataupun WordPress yakni pertama adalah dengan cara menempatkan kode iklan pada theme yang nantinya akan membuat iklan muncul pada setiap halaman sesuai dengan keinginan. Kedua adalah dengan menempatkan kode pada halaman tertentu saja, semisal pada sidebar dengan widget yang akan menampilkan iklan di sidebar saja.

Tidak membutuhkan keahlian html untuk dapat memasang iklan Adsterra di blog kamu, cukup ikuti instruksi yang diberikan yang dapat dengan mudah diikuti. Kamu perlu melakukan uji coba dengan memasang setiap jenis iklan yang ditawarkan Adsterra, sehingga kamu bisa memilah mana yang paling cocok dengan niche situs blog kamu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.