Mengenal Profesi Psikolog Klinis Yang Wajib Anda Ketahui

0

Seiring berkembangnya zaman, maka semakin banyak juga profesi yang dapat membantu kehidupan manusia. Salah satunya adalah profesi psikolog klinis. Sayangnya tak semua orang mengerti akan profesi tersebut. Artikel ini akan membantu anda mengetahui akan mengenal profesi psikolog klinis.

Pengertian Psikologi Klinis

 

Hal pertama yang wajib anda tahu ketika ingin mengenal profesi psikolog klinis adalah mengetahui pengertian profesi tersebut. Menurut KampusPsikologi.com, profesi psikolog klinis adalah ketika seseorang sudah mendapatkan sebuah lisensi untuk menjadi psikolog.

Adanya profesi ini adalah untuk membantu seseorang terkait dengan permasalahan kesehatan jiwa. Proses pekerjaan yang dilakukan oleh para psikolog klinis adalah dengan menggunakan metode wawancara klinis, observasi perilaku pasien, hingga tes psikometri.

Selain itu ada beberapa layanan yang ditawarkan oleh seorang dengan profesi psikolog klinis. Diantaranya adalah layanan konsultasi terkait dengan hubungan antara pasien dengan tempat kerjanya, konsultasi untuk mereka yang merasa mendapatkan kekerasan dalam rumah tangga.

Lalu bagi mereka yang tidak ingin bersekolah juga akan mendapatkan layanan konsultasi dari pihak psikolog klinis dan masih banyak lagi. Ada beberapa fokus dalam profesi psikologi klinis, yaitu psikolog yang berpusat pada bidang kesehatan umum dan psikolog klinis yang berpusat pada bidang medis.

Bagi profesi psikolog klinis dengan pusat kesehatan umum akan lebih condong ke dalam sosialisasi terhadap kebiasaan hidup manusia dan juga pengembangan tingkah laku ke arah yang lebih baik untuk menunjang kesehatan.

Sedangkan untuk psikologi klinis dalam bidang medis akan lebih condong terhadap seorang pasien dan juga keluarga pasien yang menderita terhadap penyakit tertentu. Tempat praktek seorang psikolog klinis biasanya dilakukan di berbagai tempat.

Dimulai dari rumah sakit atau klinik kesehatan, sekolah, hingga beberapa tempat lainnya yang dapat digunakan untuk pelayanan kesehatan mental suatu masyarakat, industri.

 

Hal Yang Wajib Anda Ketahui Akan Psikolog Klinis

 

Adanya seorang dengan profesi psikolog klinis ternyata dapat membantu kesehatan mental seseorang. Maka tak heran jika saat ini banyak kampus yang mulai membuka prodi yang berhubungan langsung dengan profesi tersebut.

Nah sebelum itu, akan lebih baik lagi jika anda mengetahui beberapa hal penting seperti dibawah ini. Jika anda ingin menjadi seorang psikolog klinis, maka ada beberapa tahapan yang harus ditempuh terlebih dahulu. Setidaknya anda harus lulus dari perguruan tinggi dengan prodi yang diambil adalah prodi psikologi.

Jika tahap tersebut sudah selesai, maka anda dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya yaitu magister psikologi profesi dengan spesifikasi psikologi klinis. Selanjutnya anda dapat mengikuti sidang profesi. Sidang ini biasanya diadakan oleh pihak HIMPSI.

Dari semua tahap tersebut anda harus mendapatkan kelulusan. Sebab dengan kelulusan ini anda dapat mendaftarkan menjadi anggota HIMPSI dan dapat melakukan pengurusan terkait dengan surat izin buka praktek psikolog.

Bisa dibilang jika profesi psikolog klinis dengan psikiater adalah dua profesi yang berbeda. Perbedaan keduanya terletak pada ilmu landasan yang digunakan. Profesi psikolog klinis berlandaskan pada perilaku manusia.

Sedangkan untuk profesi psikiater lebih berlandaskan pada ilmu kedokteran. Sehingga meskipun seorang psikolog klinis bekerja di lingkup medis. Namun tetap saja tidak diperbolehkan memberikan saran terkait dengan pengobatan, menulis resep, dan berbagai hal lainnya yang bersifat medis.

Setiap seseorang yang memiliki profesi psikolog klinis harusnya dapat membantu semua orang pada tingkatan usia apapun dalam permasalahan kesehatan mental.

 

Peranan Psikolog Klinis

Secara umum terdapat beberapa peran dari seorang psikolog klinis. Namun secara spesifik masih dibagi menjadi beberapa bagian peran. Berikut adalah penjelasan terkait peran yang dimiliki oleh seorang yang berprofesi psikolog klinis.

  1. Membantu membentuk sebuah pola perilaku sehat dari seseorang ketika sedang hidup di lingkungan masyarakat.
  2. Seorang psikolog klinis harus mampu memberikan informasi terkait permasalahan kesehatan mental seseorang. Selain itu mereka juga harus mampu memberikan pelayanan untuk membantu kesehatan mental seseorang.
  3. Setiap psikologi klinis haruslah mendapatkan izin kepada pasien terkait tindakan yang akan dilakukan.
  4. Jika memang ada permasalahan di luar kompetensi seorang psikolog klinis. Maka seorang dengan profesi tersebut haruslah melakukan rujukan dengan kewenangan atau ketentuan yang berlaku.
  5. Seorang psikolog klinis haruslah dapat mematuhi standar profesi, standar prosedur operasional, standar pelayanan, dan juga kode etik profesi psikolog klinis yang berlaku.

 

Keahlian Dari Seorang Psikologi Klinis

 

Tentunya setiap psikolog klinis haruslah memiliki kemampuan dan juga keahlian yang begitu kompeten. Nah berikut ini adalah penjelasan terkait akan hal tersebut.

  1. Kemampuan dalam membangun komunikasi dengan pasien.
  2. Kemampuan menganalisis permasalahan seorang pasien.
  3. Mampu berfikir logis untuk setiap permasalahan yang dialami oleh pasien.
  4. Kemampuan mendengarkan semua cerita dari pasien.
  5. Pengetahuan akan tes psikometri.
  6. Mampu melakukan orientasi layanan.

Nah dengan penjelasan diatas anda akan lebih mengenal profesi psikolog klinis. Selain itu jenjang karir yang dimiliki oleh seorang psikolog klinis adalah dapat bergabung di beberapa tempat seperti sekolah, atau perusahaan, seperti human resource consultant.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.