Wisata  

15+ Tempat Wisata di Samosir Terbaik : Wajib Dikunjungi !

Tempat Wisata di Samosir – Mungkin masih banyak diantara kalian yang tidak mengenali kawasan Samosir, Sumatera Utara. Tempat ini tentunya menjadi salah satu tujuan wisata dunia yang paling sering dikunjungi berkat keberadaan Danau Toba.

Samosir memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa keindahaannya, dengan hamparan pasir yang menarik perhatian para pengunjungnya membuat mereka selalu ingin berkunjung kepulau Samosir.

Nah, jika warga negara luar saja dapat menghabiskan waktu liburnya di negeri kita, lantas mengapa kamu masih bingung untuk mencari tempat wisata?

Sekilas Tentang Pulau Samosir

Selain Danau Toba, Pulau Samosir juga memiliki banyak tempat yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Samosir juga memiliki perbukitan alam yang hijau sehingga dapat menciptakan kesejukan bagi pengunjung yang menikmati keindahannya.

Menariknya, tempat wisata di Samosir bukan hanya di kunjungi oleh masyarakat lokal saja. Bahkan banyak sekali warga asing yang datang berkunjung untuk menikmati pesona keindahan alam yang berada di Pulau Samosir.

Bahkan tak jarang warga berkulit putih atau wisatawan mancanegara tersebut mendaki kebukit untuk melihat keindahan dan kesejukan yang sangat luar biasa terpancar dari setiap sisi pemandangan Pulau Samosir.

Tempat Wisata di Samosir yang Kaya Akan Keindahan Alamnya

Berbagai wisata menarik yang disuguhkan dan memiliki panorama yang begitu unik yang dapat memanjakan mata kamu. Untuk mengetahui apa saja destinasi tempat wisata di Samosir yang wajib kamu kunjungi, Kali ini Nomis.id akan memberikan rekomendasi terbaik untuk kamu ,berikut informasinya.

1. Menara Pandang Tele

Menara Pandang Tele

Untuk menikmati panorama Dana Toba dari ketinggian menjadi sulah satu hal yang ingin dicoba oleh pengunjung yang datang ke Pulai Samosir khususnya bagi para anak muda.

Salah satu tempat wisata di Samosir yang bisa kamu kunjungi dan dapat melihat keindahan alamnya yadalah Menara Pandang Tele.

Menara Pandang Tele berjarak sekitar 15 kilometer dari Bukit Holbung. Tempat wisata di Samosir ini bisa dijangkau dengan menggunakan kenderaan bermotor dan juga mobil.

Jam Operasional                    Buka setiap hari, 24 jam                                                      
Lokasi Tempat Wisata Turpuk Limbong, Kec. Harian, Kab. Samosir, Sumatera Utara
Tiket Masuk Sekitar RP 2.000/orang

2. Desa Wisata Tomok

Desa Wisata Tomok

Bagi kamu yang ingin melihat kebudayaan Batak, desa ini adalah jawaban yang tepat untuk kamu kunjungi. Banyak tempat yang bisa kamu kunjungi selama berada di Desa Tomok salah satunya adalah tempat belanja souvenir khas daerah tersebut mulai dari ulos, pakaian, gantungan kunci dan lain sebagainnya.

Selain itu tempat yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan yaitu museum Batak dan patung si gale-gale, biasanya patung tersebut akan dimainkan dan dipertontonkan kepada para pengunjung.

Jam Operasional                 Mulai dari pukul 06:00 WIB  – 18:00 WIB        
Lokasi Tempat Wisata Desa Tomok, Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara
Tiket Masuk Sekitar RP 15.000/orang

3. Pantai Pasir Putih Parbaba

Pantai Pasir Putih Parbaba

Pulau Samosir bukan hanya terkenal oleh Danau Toba saja, melainkan juga terkenal dengan adanya Pantai Pasir Putih Parbaba. Tempat wisata di Samosir, pilihan terbaik untuk kamu ketika ingin berlibur bersama keluarga teman maupun pasangan.

Daya tarik yang dimiliki pantai pasir putih ini sangat banyak, seperti pemandangan bukit hijau nan indah, wahana permainan dan terletak di sisi Dana Toba. Waktu tempuh perjalanan kamu jika dari Medan yaitu sekitar 5-6 jam.

Jam Operasional Buka 24 jam                                                             
Lokasi Tempat Wisata Desa Hutabolon, Kec. Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara
Tiket Masuk Sekitar RP 10.000/orang

4. Bukit Holbung

Bukit Holbung

Bukit Holbug merupakan tempat yang paling digemari oleh anak muda sampai pada saat ini. Namun, tempat ini tidak direkomendasikan kepada orang tua, karena untuk menikmati keindahannya kamu harus mendaki terlebih dahulu ke atas bukit.

Tidak jarang pula banyak anak muda yang memilih untuk bercamping di bukit Holbung agar mendapatkan pemandangan yang sangat indah dipagi hari yaitu sunrise. Disana kamu juga dapat melihat aktivitas para nelayan yang mencari ikan di danau Toba sambil memandang panorama alam Pulau Samosir.

Jarak Medan ke Bukit Holbung kurang lebih sekitar 218 km atau setara dengan 6 jam berkenderaan. Kawasan wisata ini dibuka selama 24 jam penuh, jadi kamu bisa bebas kapan saja untuk berkunjung. Bagi kamu yang menyukai ketenangan, lokasi ini adalah pilihan yang tepat.

Nama Tempat Wisata                 Bukit Holbung                                                               
Lokasi Tempat Wisata Sosor Dolok, Kec. Harian, Kab. Samosir, Sumatera Utara
Tiket Masuk Sekitar RP 8.000/orang

5. Danau Sidihoni

Danau Sidihoni

Danau Sidihoni merupakan tempat wisata di Samosir yang terkenal akan kesakralannya, dimana dijuluki dengan danau di atas danau. Namun jika dibandingkan dengan Danau Toba, tempat ini masih kalah populer.

Walaupun tidak populer, tempat ini juga sangat sering dikunjungi oleh turis yang sedang menikmati liburan. Untuk Berwisata ketempat ini tidak akan dikenakan biaya sama sekali.

Jarak lokasi dari Pangururan                 Sekitar 8 km
Lokasi Tempat Wisata Sabungan Nihuta, Kec. Ronggur Nihuta, Kab. Samosir, Sumatera Utara
Tiket Masuk Gratis

6. Air Terjun Sampuran Efrata

Air Terjun Sampuran Efrata

Tempat wisata di  Samosir berikutnya adalah Air Terjun Sampuran Efrata. Tempat wisata ini bisa dijangkau dengan kenderaaan roda dua dan juga roda empat.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Untuk dapat menikmati keindahan air terjun tersebut, pengunjung perlu berjalan kaki sekitar 90 meter dari area parkiran. Disekitar air terjun ini terdapat pepohonan yang menjulang tinggi. Sehingga udara disekitar air terjun sangat sejuk.

Nama Tempat Wisata                 Air Terjun Sampuran Efrata                                     
Lokasi Tempat Wisata Desa Dolok Raja, Kec. Harian, Kab. Samosir, Sumatera Utara
Tiket Masuk Sekitar RP 10.000/orang

7. Museum Huta Bolon Simanindo

Museum Huta Bolon Simanindo

Bagi kamu pecinta sejarah maka sangat disarankan untuk mengunjungi Museum Hutabolon Simanindo. Koleksi yang ada di museum ini berupa peninggalan leluhur orang Batak Toba, seperti pustaha laklak, Parhalaan, Tunggal panaluan,, Solu Bolon.

DI museum ini kamu juga dapat menjumpai patung Batak yang terkenal yaitu Si Gale gale. Untuk mencapai tempat wisata di Samosir ini sekitar 45-50 menit perjalanan dari pusat kota.

Jam Operasional                 Buka setiap hari, mulai dari pukul 09:00-17:00 WIB                                                            
Lokasi Tempat Wisata Jl. Pelabuhan, Simanindo Sangkal, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara
Tiket Masuk Sekitar RP 10.000/orang

8. Bukit Sibea-bea

Bukit Sibea-bea

Sibea-bea merupakan salah satu tempat wisata di Samosir yang menjadi bagian dari kawasan perbukitan. Tempat wisata yang berupa bukit ini didukung dengan infrastruktur jalan aspal yang berkelok-kelok.

Daya tarik tarik utama bukit sibe-bea adalah dengan kehadiran patung raksasa Yes Kristus dengan tinggi sekitar 61 meter. Patung tersebut dibangun tepat dipuncak dan langsung menghadap ke Danau Toba.

Maka tidak heran lagi jika banyak masyarakat yang menghabiskan waktu liburnya untuk berkunjung ketempat ini.

Jam Operasional                 Buka setiap hari, 24 jam                                                           
Lokasi Tempat Wisata Partungko Naginjang, Kec. Harian Baho, Kab. Samosir, Sumatera Utara
Tiket Masuk Sekitar RP 5.000/orang

9. Desa Lumban Suhi Suhi

Desa Lumban Suhi Suhi

Desa Lumban Suhi-Shuhi terkenal akan khasnya yait Kain Ulos. Ditempat ini kamu bisa mengenal kain tenun jhas Batak yang sudah mendunia, dimana kain tenun tradisional tersebut menjadi salah satu kebanggan Batak. Desa ini terletak 40 menit dari Desa Tomok.

Bagi para wisatawan yang ingin mencari destinasi tempat wisata di Samosir dan mengenal lebih dekat Kain Ulos khas Batak, Desa Lumban Suhi-Suhi adalah solusi terbaik bagi kamu. Karena disana kamu juga akan menemukan pengrajin kai ulos yang menjajakan kain dengan berbagai rentang harga.

Jam Operasional                 Buka setiap hari, 24 jam                                                           
Lokasi Tempat Wisata Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara
Tiket Masuk Gratis

10. Pusuk Buhit Samosir

Pusuk Buhit Samosir

Pusuk Buhit merupakan destinasi yang bisa kamu pilih untuk menghabiskan waktu liburmu. Walaupun tempa ini dikatakan sakral oleh masyarakat setempat, namaun tempat wisata di Samosir ini memiliki panorama yang sangat indah.

Jarak Pusuk Buhit cukup jauh dari kota, yaitu sekitar 4-5 jam jika berkenderaan. Letaknya tepat dipinggir barat Danau Toba, dengan ketinggian puncak sekitar 1.972 mdpl. Maka tidak perlu heran lagi jika tempat ini didatangi oleh banyak mudah untuk melakukan camping. Karena dari atas puncak kamu dapat menikmati hamparan angin dan keindahan alam yang menakjubkan.

Ketinggian bukit                 Sekitar 1.972 mdpl                                   
Lokasi Tempat Wisata Pardugul, Kec. Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara
Tiket Masuk Sekitar RP 10.000/orang

11. Puncak Sidiangkat

Puncak Sidiangkat

Bagi kamu yang sangat hobby fotogragi dengan konsep instagramable, maka Puncak Sidiangkat adalah pilihan terbaik yang bisa kamu kunjungi di Pulau Samosir.

Panorama yang dihadikan begitu indah, sehingga wisatawan tidak hentinya untuk berdatangan. Terdapat rumah pohon dan bangunan romantis yang disediakan menjadi spot foto bagi para pengunjungnya.

Nama Tempat Wisata                 Puncak Sidiangkat                                    
Lokasi Tempat Wisata Jl. Ruding, Sidiangkat, Kec. Sidikalang, Kec. Sidikalang, Kab. Dairi, Sumatera Utara
Tiket Masuk Sekitar RP 5.000/orang

12. Aek Sipitu Dai

Aek Sipitu Dai

Tempat wisata di Samosir yang wajib kamu kunjungi adalah Aek Sipitu Dai. Terdapat tujuh pancuran mata air yang bisa kamu coba dan mempunyai rasa berbeda-beda. Mata air tersebut terletak dibawah pohon rindang, sehingga lokasi tempatnya terasa sejuk dan asri.

Menurut warga sekitar, ketujuh mata air tersebut dipercaya mampu untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Uniknya jika minum, ketujuh mata airnya berbeda-beda rasa.

Jam Operasional                 Buka setiap hari, mulai dari pukul 06:00-23:00 WIB                                       
Lokasi Tempat Wisata Desa Limbong Mulana, Kec. Sianjur Mulamula, Kab. Samosir, Sumatera Utara
Tiket Masuk Sekitar RP 5.000/orang

13. Tano Ponggol

Jembatan Tano Ponggol

Sejarah tano ponggol dibangun atas keringat para pekerja pemerintah Belanda pasa masa dahulu. Kini Tano Ponggol juga sudah menjadi salah satu destinasi tempat wisata di Samosir.

Dari tempat ini kamu bisa melihat luasnya Danau Toba dengan keindahan alam disekelilingnya, sehingga menarik perhatian para wisatawan. Selain itu, para wisatawan juga berkesempatan untuk berkeliling Pulau Samosir menggunakan kapal pesiar yang besar.

Jam Operasional                 Buka setiap hari, 24 jam WIB                         
Lokasi Tempat Wisata Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara
Tiket Masuk Gratis

14. Museum Batak

Museum Batak

Menghabiskan waktu libur tentunya tidak harus ketempat wisata alam, karena menjelajahi tempat bersejarah bisa menjadi opsi agar waktu liburmu lebih menarik.

Di museum batak kamu akan melihat banyak benda bersejarah mulai dari pakaian adat, alat Batak Kuno hingga persenjataan tradisonal. Maka tidak jarang para wisatawan berkunjung ketempat ini untuk memperoleh pengetahuan baru.

Jam Operasional                Buka setiap hari, mulai dari pukul 08:00-17:00 WIB                             
Lokasi Tempat Wisata Tomok, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sumatera Utara
Tiket Masuk Gratis

15. Air Terjun Situmuran Binangalom

Air Terjun Situmuran Binangalom

Situmuran dan Binangalom merupakan bahasa Batak yang artinya air yang sangat menyejukkan hati. Tempat wisata di Samosir ini sangat unik, karena para wisatawan dapat melihat pancuran air dari Danau Toba.

Para wisatawan juga dapat berenang menikmati segarnya air terjun sambil menikmati panorama alam. Untuk menuju ke lokasi kamu bisa menggunakan kenderaan roda dua dan juga roda empat.

Jam Operasional                Buka setiap hari, 24 jam                             
Lokasi Tempat Wisata Jonggi Niguta, Lumban Julu Hatinggian, Kec. Lumban Julu, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara
Tiket Masuk Rp 5.000

16. Pemandian Air Panas Rianiate

Pemandian Air Panas Rianiate

Setelah merasa puas menikmati tempat wisata di Samosir, kamu juga bisa menjadikan tempat ini sebagai destinasi pemandian untuk merilekskan badan dari kelelahan selama di perjalanan.

Sumber pemandian air panas rianiate berasal dari gunung dan sumber air tersebut juga sangat bagus untuk kesehatan.

Jam Operasional                Buka setiap hari, mulai dari pukul 07:00-18:00 WIB                             
Lokasi Tempat Wisata Rianiate, Kec. Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara
Tiket Masuk Sekitar Rp 15.000/orang

Kehabisan kuota saat menikmati liburan? Kamu bisa beli pulsa dan paket data murah di aplikasi Mocipay agar setiap momen dapat kamu abadikan ke media sosial.

Penutup

Tempat Wisata di Samosir
Tempat Wisata di Samosir

Apakah kamu sudah menemukan tempat wisata di Samosir yang ingin kamu kunjungi setelah membaca informasi diatas? Tentunya hampir semua lokasi wisata diatas mempunyai biaya untuk masuk, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena biaya yang dikenakan cukup terjangkau. Bukan hanya itu saja, beberapa tempat tersebut juga memiliki panorama alam yang sangat menawan dan dapat menciptakan rasa nyaman bagi siapa saja yang ingin berkunjung ke tempat tersebut.

luxury89
tongtoto
agen89
cpgtoto
karirtoto
lotte4d
mcdbola
rumpitoto
situstogel88
tongtoto
rtp karirtoto
slot anti lag
BMW777