Tips Jitu Menentukan Nama Domain Website yang Keren

0
Image by Mudassar Iqbal from Pixabay

Anda sedang ingin buat website? Sudah siapin nama buat website belum? Inget, buat nama website enggak boleh asal-asalan loh. Jangan sampai nama domain yang kamu beli itu sulit banget dieja sampai orang-orang susah dateng ke situs Anda.

Terus, Bagaimana ya caranya memilih domain yang tepat? Di artikel ini kami akan memberikan tips menemukan nama domain yang tepat buat website Anda. Selamat membaca.

 

  1. Buat yang Singkat dan Gampang Diingat

Sebenarnya tidak ada aturan mengenai panjang pendeknya nama domain. Namun, sebaiknya jangan pakai nama domain yang terlalu panjang. Patokannya, jangan buat nama domain sampai lebih dari tiga kata, ya.

Kalau nama domain Anda terlalu panjang, nama domain cenderung sulit diingat. Misalnya aja Facebook.com atau Twitter.com. Nama domainnya tidak panjang dan semua orang mudah mengingatnya, bukan?

Nama domain yang singkat juga jadi lebih ngirit tempat buat ngiklan. Misalnya dipasang di kartu nama, profil media sosial, dan lainnya.

 

  1. Domain Harus Mudah Diketik

Jangan sampai deh bikin domain yang susah banget diketik. Misalnya fotografi-bagoes99.com.

Selain jadi susah diingat, kalau nama domainnya panjang dan susah diketik seperti itu, website kamu jadi sulit buat dikunjungi.

Ada beberapa alasan lainnya. Pertama, Orang lain belum tentu tahu dan ingat kalau nama domain Anda harus pakai tanda penghubung. Kedua, penggunaan ejaan lama bisa bikin bingung pengunjung.

 

  1. Sisipkan Kata Kunci Kalau Memungkinkan

Anda pasti ingin kalau bisnis Anda muncul di paling atas halaman pencarian Google, kan?

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menampilkan website di halaman pertama. Salah satunya, Anda bisa menyisipkan kata kunci pada nama website Anda. Misalnya brand Anda sepatu, Anda bisa membuat “sepatuapik.com” atau “sepatuapik.online”.

Tapi ingat, ini jika memungkinkan saja ya? Anda masih bisa mengoptimalkan dari komponen lainnya untuk membuat website Anda berada di peringkat pertama.

 

  1. Pakai Nama Brand Anda

Tips lainnya membuat nama website adalah pakai nama brand Anda. Oleh sebab itu penting banget punya nama brand. Supaya produk Anda lebih dikenal dan dipercaya.

Kalau Anda pakai nama website dengan brand, Anda bisa sekaligus mengenalkan bisnis Anda ke banyak orang. Jadi banyak orang bisa kenal dan ingat dengan bisnis Anda.

 

  1. Pakai Nama Daerah Juga Bisa

Cara lainnya kamu bisa selipkan nama daerah tempat bisnis kamu berada. Misalnya aja, LulurBali.com atau KopiJogja.com. Sah-sah aja kok kalau ingin menambahkan nama daerah.

Banyak pengguna yang biasanya menggunakan nama daerah supaya bisa lebih sering muncul di halaman pertama Google. Namun, pastikan juga nama domain Anda jadi tidak terlalu panjang, ya!

 

  1. Pakai Ekstensi yang Tepat

Terakhir, pakai ekstensi yang tepat. Nama ekstensi domain itu tak hanya .com. Ada .ORG, .ONLINE, .CO, .NET, .SITE, dan masih banyak lagi.

Untuk website bisnis, Anda bisa pakai domain, .SITE yang memang banyak digunakan untuk website bisnis. Selain itu, .ONLINE atau .STORE juga bisa Anda pakai untuk membuka toko online.

- Advertisement -

Jadi, kalau nama domain dengan ekstensi .COM yang Anda inginkan sudah tak tersedia, jangan buru-buru ganti nama domainnya. Coba ganti ekstensinya aja dulu.

Itu dia beberapa tips membuat nama website dari kami. Anda bisa dapatkan domain dengan ekstensi yang lengkap di penyedia domain murah. Misalnya, Niagahoster. Ada banyak promo-promo menarik buat beli domain dan hosting.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.