Tips WooCommerce Sederhana Untuk Meningkatkan Toko Online Anda

0

Membuat website toko online kini semakin praktis karena sudah ada plugin seperti WooCommerce. Plugin ini tersedia untuk membantu meningkatkan penjualan produk melalui website yang sudah dibuat. Anda bisa mengikuti tips membuat toko online dengan WooCommerce agar sales meningkat. 

 

Source : freepik.com/free-vector/programming-concept-illustration_7118756.htm

 

Mengenal Apa Itu WooCommerce

 

Pengertian WooCommerce sendiri merupakan sebuah plugin yang bisa digunakan untuk membuat toko online dengan berbagai jenis fitur lengkap. Jenis plugin yang didevelop oleh WooThemes ini adalah open source sehingga bisa diotak-atik dan dikembangkan sendiri oleh penggunanya. 

Dengan menggunakan plugin WooCommerce, Anda akan bisa menampilkan produk yang dijual di website toko online sesuai keinginan. Beragam fitur penjualan tersedia di plugin ini untuk mendukung para pelaku bisnis. WooCommerce sangat cocok digunakan oleh banyak pihak. 

Baik individu atau perusahaan yang membutuhkan platform e-commerce lebih fleksibel maupun pengguna yang ingin lebih leluasa mengontrol data website dan fitur tambahan untuk toko online. Plugin ini terintegrasi dengan WordPress dan tersedia secara gratis, profesional, serta kustomisasi mudah. 

 

Tips Meningkatkan Penjualan Melalui WooCommerce

Sebagai pelaku bisnis yang ingin meminimalkan budget untuk membuat website, plugin ini tentu sangat berguna karena bisa diotak-atik sendiri oleh penggunanya secara otodidak. Namun, jika masih bingung bagaimana menggunakannya, Anda bisa memanfaatkan jasa pemasaran digital terpercaya. 

  • Memberikan Diskon dan Promo Menarik Lainnya

Diskon dan promo-promo menarik lainnya memang terbukti ampuh untuk meningkatkan minat pembeli. Melalui website yang menggunakan WooCommerce, Anda juga bisa menyediakan diskon dan promo lainnya untuk membuat kode diskon, promosi, dan penjualan cepat. 

Contoh diskon yang menarik bisa dibuat 10%  – 30% dari harga produk maupun total pesanan. Opsi diskon yang tersedia di ekstensi WooCommerce seperti ekstensi Smart Coupons untuk membuat penawaran bundel dengan harga dinamis. Tersedia juga sistem Email Kupon WooCOmmerce YITH. 

  • Personalisasi Pengalaman

Salah satu alasan banyak orang memilih untuk berbelanja online adalah karena kenyamanan dan bisa mendapatkan pengalaman berbelanja yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan mereka. Agar penjualan bisa meningkat, penting untuk menyediakan konten yang dipersonalisasi sesuai dengan audiens target toko. 

Jaga hubungan baik dengan pelanggan agar mereka kembali berbelanja lagi. Contoh cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan pelanggan seperti menghubungi mereka untuk mengetahui kebutuhannya, mengirimi pesan personal, memberi paket harga khusus, dan lainnya. 

  • Melakukan Pemasaran Ulang PPC

Tips membuat toko online dengan WooCommerce berikutnya yaitu Membuat pelanggan agar bertahan dan melakukan tindakan tambahan saat membeli di toko online Anda memang tidak mudah. Strategi yang bisa dilakukan adalah dengan penargetan dan pemasaran ulang melalui promosi iklan berbayar AdWords. Terus lakukan riset kata kunci yang sering dicari target. 

Buat iklan yang menarik agar pengguna internet yang melihat iklan tersebut langsung tertarik untuk melakukan pembelian. Jangan lupa untuk memperhatikan tombol CTA (Call To Action) untuk memudahkan pembeli dalam membeli produk. Perhatikan kualitas dan tampilan konten yang diiklankan. 

  • Mengirim Newsletter Reguler

Mengirim email untuk toko WooCommerce memang bisa dibilang masih cukup efektif untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Termasuk untuk mengingatkan kepada mereka tentang launching produk terbaru, diskon, maupun promo-promo menarik lainnya secara berkala. 

Kumpulkan informasi yang cukup untuk mengetahui karakter target pembeli, prosepk mereka hingga orang-orang yang ditargetkan bersedia melakukan pembelian karena memang tertarik dengan produk. WooCommerce memberi alat dan integrasi yang kuat untuk membantu pengguna mengirim banyak email. 

  • Melakukan Cross Selling dan Up Selling

Cross selling atau jual silang dan up selling dipercaya cukup efektif untuk meningkatkan ketertarikan calon pembeli. Strategi up selling artinya Anda menjual versi produk yang lebih mahal untuk menggantikan produk yang awalnya ingin dibeli oleh pelanggan dengan harga lebih murah. 

Sementara itu, cross selling artinya mengkombinasikan antara satu produk dengan produk lainnya dalam satu paket harga. Sebenarnya, tak jarang pembeli yang bingung ketika dihadapkan pada banyak pilihan. Dengan menyediakan paket produk dan paket harga yang menarik, mereka akan lebih tergoda. 

  • Memanfaatkan Pemicu Urgensi

Memasang penghitung waktu mundur atau pop-up juga bisa meningkatkan penjualan secara signifikan. Apalagi saat ini tengah menjadi tren istilah FOMO (Fear of Missing Out) di mana orang-orang memiliki ketakutan jika ketinggalan tren atau pembelian atas suatu barang. Manfaatkan momen ini untuk meningkatkan sales. 

Gunakan kata-kata seperti “Buruan”, “500++ orang telah menggunakan produk ini”, “diskon eksklusif berakhir 2 jam lagi”, dan lain sebagainya. Bagi pelanggan yang tidak ingin  ketinggalan promo dan produk menarik, mereka akan melakukan berbagai cara agar bisa segera membeli produk yang diinginkan. 

Tips membuat toko online dengan WooCommerce di atas bisa membantu untuk meningkatkan penjualan. Tampilan plugin ini pun sebenarnya sangat mudah untuk dipelajari agar pengguna bisa mengotak-atik toko online mereka sendiri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.