Tulisan Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Beserta Arti dan Tulisan Arab

0

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh para pembaca Nomis.id yang dilindungi allah dimanapun anda berada.

Kali ini admin akan membahas tentang Kata yang hampir setiap hari di ucapkan oleh umat muslim ketika bertemu dengan muslim yang lain, yaitu Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Arti dari Assalamualaikum atau yang dibaca assalaau’alaykum adalah semoga keselamatan diberikan untuk kamu atau dalam bahasa inggris diterjemahkan “May Peace be upon you”.

Alangkah lebih baiknya bila diucapkan secara lengkap Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh yang artinya adalah semoga allah melimpahkan keselamatan, rahmat dan Keberkahan untuk mu.

Mengucap salam kepada setiap muslim adalah sunnah yang sangat baik yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. dan bagi yang mendengarnya adalah Wajib untuk menjawan salam tersebut dengan kalimat Waalaikumsalam

arti dari wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh ialah Dan Semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahan-Nya terlimpah juga kepada kalian

Tullisan arab assalamualaikum
source : backgrounddownload.com

Arti Assalamu’alaikum dan Wa’alaikumussalam

 

Berdasarkan kitab karya Imam Nawawi yaitu Kitab Al-adzkar, Ada 3 Salam yang dapat kita ucapkan sebagai kata salam atau doa dari Muslim untuk muslim lainnya. Berikut adalah :

 

  • Assalamu’alaikum artinya ialah Semoga Keselamatan diberikan kepadamu.

 

  • Assalamu’alaikum Warahmatullah artinya ialah Semoga Allah Memberikan Keselematan dan Rahmat-Nya kepadamu / Semoga keselamatan dan rahmat Allah terlimpah kepadamu.

 

  • Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh artinya ialah semoga Allah memberikan  keselamatan, Rahmat dan Keberkahan kepadamu. atau Semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah kepadamu/ kalian.

Jawaban dari salam adalah Wa’alaikumus Salam (Warahmatullahi) (Wabarakatuh) yang artinya adalah Dan Semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahan-Nya terlimpah juga kepada kalian.

 

Bila diterjemahkan kata perkata, maka Assalamualaikum artinya adalah

Salam( السلام ) : Keselamatan
‘Alaikum ( عليكم ) : ‘ala (علي) artinya untuk/atas dan kum(كم) artinya kalian.
Wa(و) : Dan
Rahmatullah(رحمةالله ) : Rahmat Allah
Barakatuh (بركاته) :Keberkahan-Nya.

 

Pengucapan Assalamual’aikum

 

Tulisan Arab Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Cara yang benar dalam mengucap Assalamualaikum bila berdasarkan tulisan arab assalamu’alaikum yaitu perhatikan huruf SS dan huruf ‘a (ain). Huruf Sin memiliki tasjid sehinnga di baca As Salam.  Dan terdapat huruf ‘a sehingga di baca ‘alaikum bukan alaikum.

Jangan sampai kita salah mengucapkan kata salam karna akan merubah makna arti kata salam tersebut. Yang paling penting jangan mengucapkan salam untuk bercanda seperti, mikum, ikum dll lain sebagainya. Karna maknanya sudah sangat jauh berbeda.

 

 

Pengucapan Wa’alaikumussalam

 

Tulisan arab wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh :

وَعَلَيْكُمْ لسَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 

Cara yang benar dalam mengucap Wa’alaikumussalam bila berdasarkan tulisan arab Wa’alaikumussalam yaitu perhatikan huruf ‘a (ain) dan Huruf Sin memiliki tasjid sehingga Yang benar pengucapannya ialah  Wa ‘alaikumus salam.

Cendikiawan Cerdas lulusan IAIN Walisongo Semarang, Lismanto yang menuliskan dalam karya tulisan Ilmiahnya, Mengatakan, Assalamualaikum adalah simbol bagi seluruh umat muslim  yang memiliki makna dan arti kesejahteraan dan kedamaian.

 

Makna Ucapan Assalamualaikum

 

- Advertisement -

Mengucapkan salam memiliki makna yang sangat baik untuk diucapkan kepada sesama muslim. Berikut beberapa makna yang ada didalam kata assalamualaikum :

 

1. Bentuk Saling Mendoakan sesama Muslim

Ketika kita mengucapkan salam kepada sesama umat muslim dapat diartikan bahwa kita sedang mendoakan keselamatan dan rahmat allah untuk muslim lainnya.
Maka perbanyaklah mengucap salam ketika bertemu sesama umat muslim, dan Jawablah ucapan salam bila ada seorang muslim mengucap salam kepada kita. Karna hukum menjawab salam adalah wajib.

 

2. Berserah Diri Kepada Allah SWT

Makna lain dari kata Assalamualaikum ialah bentuk berserah dirinya manusia kepada Allah yang Maha Kuasa dan pemberi keselamatan atas segala hal yang terjadi di dunia dan di akhirat

 

3. Memperkuat Silahturahmi

Dengan mengucap salam juga memiliki makna memperkuar hubungan antar sesama muslim dan memperkuat tali silahturahmi antar sesama muslim.

 

HADITS- HADITS YANG BERKAITAN DENGAN SALAM

 

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bahwasanya ada seseorang yang bertanya pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

أَىُّ الإِسْلاَمِ خَيْرٌ قَالَ « تُطْعِمُ الطَّعَامَ ، وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ ، وَعَلَى مَنْ لَمْ تَعْرِفْ

“Amalan islam apa yang paling baik?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas menjawab, “Memberi makan (kepada orang yang butuh) dan mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenali dan kepada orang yang tidak engkau kenali. ” (HR. Bukhari no. 6236)

Dari ‘Amar bin Yasir, beliau mengatakan,

ثَلاَثٌ مَنْ جَمَعَهُنَّ فَقَدْ جَمَعَ الإِيمَانَ الإِنْصَافُ مِنْ نَفْسِكَ ، وَبَذْلُ السَّلاَمِ لِلْعَالَمِ ، وَالإِنْفَاقُ مِنَ الإِقْتَارِ

“Tiga perkara yang apabila seseorang memiliki ketiga-tiganya, maka akan sempurna imannya: [1] bersikap adil pada diri sendiri, [2] mengucapkan salam pada setiap orang, dan [3] berinfak ketika kondisi pas-pasan. ” (Diriwayatkan oleh Bukhari secara mu’allaq yaitu tanpa sanad.

Syaikh Al Albani dalam Al Iman mengatakan bahwa hadits ini shohih)

لاَ تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا وَلاَ تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا. أَوَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى شَىْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ
“Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan pada kalian suatu amalan yang jika kalian melakukannya kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim no. 54)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يُسَلِّمُ الرَّاكِبُ عَلَى الْمَاشِى ، وَالْمَاشِى عَلَى الْقَاعِدِ ، وَالْقَلِيلُ عَلَى الْكَثِيرِ

“Hendaklah orang yang berkendaraan memberi salam pada orang yang berjalan. Orang yang berjalan memberi salam kepada orang yang duduk. Rombongan yang sedikit memberi salam kepada rombongan yang banyak.” (HR. Bukhari no. 6233 dan Muslim no 2160)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يُسَلِّمُ الصَّغِيرُ عَلَى الْكَبِيرِ ، وَالْمَارُّ عَلَى الْقَاعِدِ ، وَالْقَلِيلُ عَلَى الْكَثِيرِ

“Yang muda hendaklah memberi salam pada yang tua. Yang berjalan (lewat) hendaklah memberi salam kepada orang yang duduk. Yang sedikit hendaklah memberi salam pada orang yang lebih banyak.” (HR. Bukhari no. 6231)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.