20+ Ucapan Aqiqah Untuk Anak Laki dan Perempuan Serta Orang Dewasa

0

Sebelum membahas mengenai ucapan aqiqah, ada beberapa informasi penting seputar pengertian aqiqah yang harus Anda tahu. Berdasarkan aturan agama, aqiqah merupakan proses menyembelih hewan untuk menggantikan anak yang baru dilahirkan supaya tidak menjadi korban. Aqiqah hukumnya sunah dan menjadi rasa syukur kepada Allah karena diberikan momongan.

Secara Lughawi, akekah atau aqiqah merupakan pemotongan rambut bayi yang baru dilahirkan. Hewan yang dikorbankan bisa berupa domba atau kambing sesuai kemampuan orang tua. Di momen ini, banyak ucapan yang bisa diutarakan kepada sang anak.

Bicara tentang aqiqah, sebagian orang selain menyembelih hewan namum ada juga beberapa yang membuat acara perayaan atau acara syukuran sebagai tanda rasa bersyukurnya atas titipan dan amanah allah yang diberikan kepada kedua orang tua yaitu anak yang semoga kelaknya menjadi anak yang soleh/soleha. Bagi yang penasaran, berikut beberapa ucapan untuk aqiqah yang bisa diberikan untuk anak.

ucapan aqiqah yang baik

Ucapan Aqiqah Berupa Doa

 

Memberika sebuah ucapan syukur kepada teman kita yang sedang mengadakan aqiqah adalah hal yang baik, namum alangkah baik lagi bisa ucapan aqiqah yang kita berikan juga mengandung doa agar kelak anak yang dititipkan oleh allah akan mencari anak yang cerdas dan juga soleh dan soleha.

doa – doa ini di ambil dari atsat dan ucapan dari para sahabat rasul terdahulu. Yang tentunya doa doa ini mengandung makna kebaikan dan juga harapan yang baik untuk sang bayi dan juga untuk keluarganya.

Dari Hasan Al-Bashri rahimahullah, bahwasanya ada seseorang yang bertanya kepadanya, “Bagaimana cara saya mengucapkan ucapan selamat (kelahiran)?” Beliau menjawab, “Ucapkanlah olehmu,

جَعَلَ اللهُ مُبَارَكًا عَلَيْكَ وَ عَلَى أُمَّةِ مُحَمَّدٍ

bahasa latinya: “Ja’alallahu mubaarokan ‘alaika wa ‘ala ummati Muhammadin”

artinya ialah “Semoga Allah menjadikannya anak yang diberkahi atasmu dan atas umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.”

 

tidak hanya doa diatas kamu juga bisa mengucapkan doa seperti dibawa ini

 

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ لَكَ، وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ، وَبَلَغَ أَشُدَّهُ، وَرُزِقْتَ بِرَّهُ. وَيَرُدُّ عَلَيْهِ الْمُهَنَّأُ فَيَقُوْلُ: بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَزَاكَ اللهُ خَيْرًا، وَرَزَقَكَ اللهُ مِثْلَهُ، وَأَجْزَلَ ثَوَابَكَ

tulisan latinnya : “Baarokallohu laka fil mauhuubi laka wa sayakartal Waahib wa balagho asyuddahu wa ruziqta birrohu.”

artinya ialah “Semoga Allah memberkahimu dalam anak yang diberikan kepadamu. Kamu pun bersyukur kepada Sang Pemberi, dan dia dapat mencapai dewasa, serta kamu dikaruniai kebaikannya.”

 

Ucapan Aqiqah Secara Digital

 

Fungsi ucapan ini biasanya berupa undangan yang diberikan secara digital. Artinya, ucapan tidak dalam bentuk tulisan seperti biasanya. Bisa dalam bentuk JPEG, PNG hingga format gambar dan tulisan lain yang diberikan dalam bentuk print out.

Kemudian ucapan ini nanti disebarkan di Facebook, Instagram atau media sosial lain. Kartu ucapan untuk aqiqah ini fungsinya untuk memudahkan saja. Ada banyak contohnya, berikut contoh yang paling umum:

“Bismillahirrohmanirrohim, tasyakuran aqiqah. Kami mengucapkan alhamdulilah karena anak pertama kami sudah lahir dengan selamat. Sebagai ucapan rasa syukuran, kami sebagai orang tua menjalankan sunnah Rosul berupa Aqiqah untuk anak kami tercinta “Muhammad Ali Ibrahim” yang lahir 20 Februari 2020.

 

Ucapan Aqiqah Kepada Anak Laki-Laki

 

Hadits Riwayat Ahmad dan Imam Hadits menurut Tirmidzi, Rasulullah memerintahkan agar beraqiqah dua ekor kambing yang sepadan dengan umur dan besar sama dengan bayi laki-laki. Jika tidak mampu, satu saja sudah cukup.

Kata-kata ucapan aqiqah kepada anak laki-laki bisa diberikan lewat nasi box yang diberikan kepada undangan. Bagi yang belum ada ide, berikut contoh ucapan untuk aqiqah yang bisa dipakai:

“Puji syukur kami panjatkan kehadiran Allah SWT atas limpahan karunia-nya, telah lahir anak kedua kami “Muhammad Ali Ibrahim” pada hari Kamis 20 Februari 2020. Tidak ada kata terindah selain ucapan terimakasih dan semoga ananda menjadi anak yang sholeh dan berguna untuk bangsa dan negara”.

 

Ucapan Aqiqah Kepada Anak Perempuan

 

Beda dengan anak laki-laki, anak perempuan bisa diaqiqahkan dengan menyembelih satu ekor kambing saja. Ketentuan sudah ditetapkan oleh pendahulu jadi bisa dijadikan acuan. Namun orang tua yang tidak mampu juga tidak wajib untuk melakukannya.

ucapan aqiqah untuk anak perempuan

- Advertisement -

Hanya saja ada baiknya jika melakukan aqiqah karena manfaatnya sangat bagus untuk anak dan keluarga. Berikut contoh ucapan yang bisa diberikan untuk aqiqah anak perempuan::

“Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT karena limpahan karunia-Nya, telah lahir puteri kedua kami “Amanda Aisyah Firdaus” pada hari Kamis 20 Februari 2020. Telah diadakan proses aqiqah sebagaimana yang sudah disunnahkan Rasullullah.

 

Ucapan Aqiqah Untuk Orang Dewasa

 

Ucapan untuk aqiqah kepada orang dewasa sudah bergeser dari fungsi yang sebenarnya. Pasalnya berbeda dari bahasa yang digunakan. Biasanya ucapan aqiqah untuk orang dewasa dibuat agar orang lain tahu maksud, fungsi dan tujuan aqiqah tersebut. Contoh ucapan yang bisa digunakan adalah sebagai berikut,

“Alhamdulilah semoga bisa menghadiri syukuran aqiqah dengan lancar tanpa ada halangan sedikitpun di rumah Tarwiji bin Bambang. Tiada kata yang bisa kami ucapkan selain kehadiran Bapak/Ibu di rumah kami tercinta”.

 

Ucapan Aqiqah Bahasa Jawa

Untuk aqiqah, Anda bisa menggunakan ucapan memakai bahasa Jawa. Tentu ini cocok untuk yang lahir atau tinggal di Jawa. Mengingat Jawa penuh dengan tatakrama dan sopan santun. Untuk yang bingung, Anda bisa menggunakan ucapan seperti ini untuk aqiqah:

“Puji syukur tansah diparingi Gusti Allah SWT, kuwasa lan kuwasae, lair Putri katelu “Amanda Firdaus Suherman” tanggal 25 Februari 2020. Aqiqah sampun ditindakake kados engkang sampun ditindakake. Mboten enten kepinginan saliyani supoyo putri kami dadi anak engkang alim lan berguna kagem negoro”.

 

Ucapan Aqiqah Untuk Orang Yang Sudah Tua

 

Aqiqah sejatinya bukan hanya digunakan untuk anak-anak ataupun keturunan yang mengaqiqahkan saja. Tidak sedikit orang dewasa yang melakukan aqiqah karena sebelumnya belum diaqiqahkan oleh orang tua.. Bagi yang ingin memberi ucapan untuk acara aqiqah, berikut
contohnya:

“Assalamualaikum Wr.Wb, Alhamdulilah atas syukuran aqiqah yang telah berjalan dengan lancar tanpa halangan dikediaman Ibu Prastiwi tanggal 30 Oktober 2019. Terimakasih sudah bersedia datang dan memberi doa tulus di acara syukuran aqiqah hari ini. Semoga Allah membalas semua amalan dan kebaikan kita”

 

Ucapan Aqiqah Untuk Bayi

 

Aqiqah selalu identik dengan kelahiran bayi. Jadi tidak heran jika ada orang tua yang telah mempersiapkan acara aqiqah untuk bayi yang baru dilahirkan. Ucapan aqiqah tidak boleh dikesampingkan karena bentuk rasa syukur kepada Allah.

Banyak ucapan yang bisa digunakan. Bagi yang tidak ada ide untuk ucapan apa yang pas, Anda bisa menggunakan ucapan berikut
“Alhamdulilah sudah diberi limpahan rejeki dan rahmat-Nya. Telah lahir putera pertama kami bernama “Muhammad Rizki yang lahir tanggal 20 Februari 2020. Telah dilakukan acara aqiqah menurut Islam dan ajaran Rasullullah. Tiada kata paling berharga selain doa semoga putera kami menjadi anak yang sholeh, berbakti kepada orang tua dan berguna untuk bangsa”.

 

Ucapan dan Doa Walimatul Aqiqah

 

Ucapan dan doa yang bernada kebaikan harus selalu diucapkan agar acara aqiqah berjalan dengan lancar tanpa ada halangan sedikitpun. Salah satu doa yang bisa diucapkan adalah Walimatul Aqiqah. Doa ini kerap diucapkan kepada Allah SWT dengan harapan acara aqiqah yang akan berjalan bisa lancar tanpa ada halangan.

Banyak ucapan walimatul aqiqah yang dianjarkan Rasullullah. Berikut contoh doa terbaik untuk aqiqah tersebut:

“Ya Allah, jaga semua yang ada disekeliling kita dari kejelekan makhluk yang tidak nyata dan segala kejelekkan yang ada. Ya Allah, jadikan kami sosok yang ahli dalam kebaikan, ilmu dan ahli Al Quran. Jangan Engkau limpahkan kejelekan dan keburukan kepada kami. Kami hanya makhluk lemah dan rendah tanpa pertolongan-Mu”.

 

Ucapan Aqiqah Untuk Syukuran

 

Jika Anda memiliki teman, keluarga atau rekan kerja yang mengadakan acara syukuran aqiqah, ada baiknya menyiapkan waktu untuk datang. Setidaknya untuk menghormati dan memberi doa restu supaya yang ia inginkan berjalan dengan baik.

Jangan lupa berikan doa kebaikan untuk mereka. Doa tersebut bisa saja menular untuk Anda karena kebaikan tidak akan pernah sirna. Contoh doa yang bisa diucapkan adalah sebagai berikut:

“Ya Allah, jagalah kami dari kejelekan, keburukan dan kemunafikan yang bisa menyesatkan kami kapan saja. Ya Allah, jadikanlah anak ini menjadi sosok yang berjalan dalam kebaikan dan menjadi ahli dari semua kebaikan”.

Itu ucapan aqiqah yang bisa Anda gunakan atau saat menghadiri acara aqiqah. Kebaikan selalu datang kepada hamba Allah yang percaya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.