Tutorial

8 Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara : Terbukti Berhasil

Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara- Penggunaan Smarthpone di zaman sekarang sudah menjadi kebutuhan utama ,dikarenakan beragam manfaat dan kegunaannya,mulai dari internetan,chatingan,telfonan dan masih banyak kegunaan lainnya.

Lalu bagaimana jika HP kesayangan yang ingin kamu gunakan tiba-tiba tidak mengeluarkan suara,tentunya hal ini membuat kamu bingung dan kesal,berhubung penggunaan HP tanpa adanya suara “Ibarat Sayur Tanpa Garam”,yah Hambar.

Tetapi jangan kuatir ,disini Nomis.id akan ulas Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara untuk mengatasi masalah tersebut,simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Apa Penyebab Suara HP  Tidak Keluar

Berikut beberapa Penyebab umum yang menjadi sumber masalah Suara HP tidak keluar.

  1. Terdapat Bugs/Malfungsi pada sistem dan aplikasi   > Penyebab yang satu ini biasanya sering terjadi sebelum atau setelah melakukan pembaharuan perangkat lunak pada HP kamu,untuk mengatasinya cukup menunggu waktu bugs akan hilang atau bila perlu lakukan pembaharuan ulang.
  2. HP dalam Keadaan Silent/Mute > Penyebab ini biasanya pengguna tidak sadar mode suara yang pada smartphone mereka dalam keaadan diam,untuk solusinya coba lakukan panggilan dan periksa mode suara yang aktif pada pengaturan.
  3. Terhubung tanpa sadar ke speaker Bluetooth > Untuk kasus ini ada beberapa HP tidak keluar suara dikarenakan masih tersambung pada perangkat speaker bluotooth,coba dicek kembali pada layar pintas dibagian atas/bawah HP kamu ikon Bluetooth apakah tersambung atau tidak.
  4. HP masih tersambung ke Headshet > Kejadian ini hampir sama dengan terhubung speaker bluetooth,biasanya tanpa sadar HP masih dalam kondisi tersambung port Headshet dan lupa dicabut.
  5. Terjadi kerusakan pada Speaker HP > Hal ini juga menjadi penyebab suara HP tidak keluar dikarenkan Port atau komponen didalam Speaker mengalami kerusakan,biasanya kerusakan disebabkan HP terjatuh,kemasukan air atau benda lainnya ,atau memang komponen speaker sudah minta diganti.

Baca Juga : 7 Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Terblokir Karena Tidak Isi Pulsa

Begini Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara

Berikut Beberapa Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara agar Bunyi Kembali.

  • Cek Pengaturan Volume

Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara yang pertama dapat kamu lakukan yaitu dengan mengecek pengaturan volume Hp kamu,berikut beberapa metode cek yang dapat kamu lakukan.

Coba dengan Headshet

Coba dengan Headshet

Coba tes speaker HP kamu dengan menghubungkan ke Headshet ,jika HP kamu mengeluarkan suara berarti kemungkinan ada masalah pada sistem atau speaker HP tersebut.

Jika saat memakai Headshet ikon earphone diatas layar HP akan muncul ,kemudian jika dilepas akan hilang tetapi saat kamu melepas port headset ikon masih muncul dan aktif juga dapat menyebabkan suara HP tidak keluar.

Cara mengatasinya cukup mudah yaitu menggunakan aplikasi Lesser Audio Switch,untuk tutorialnya caranya coba ditonton video youtube dengan link disamping >https://www.youtube.com/watch?v=ZtiAnDo2_gQ

Apabila sebaliknya tetap tidak ada suara kamu dapat cek melalui pengaturan tombol volume suara dibawah ini.

Periksa Tombol Volume Up/Down

Silahkan buka pengaturan volume di HP kamu jika kamu menggunakan perangkat Android pilih silahkan cek mode perangkat yang kamu gunakan dengan menggulir panel notifikasi dilayar bagian atas HP .

  1. Buka Menu Setelan Pada HP kamu.
  2. Scroll kebawah lalu pilih Suara & Getaran.
  3. Selanjutnya Pilih  Hening/Jangan Ganggu.
  4. Kemudian pilih Reguler atau Dering,silahkan dites dengan panggilan jika suara keluar berarti suara bekerja dengan normal.
  5. Simpan dan keluar dari Menu setelan .
  6. Selesai.
Pengaturan Volume

Jika suara masih tidak keluar kamu dapat mencek bagian-bagian lain didalam pengaturan Suara & Getaran yang menurut kamu menjadi penyebab masalah.

Pastikan Volume Media,Volume Panggilan,dan Volume Alarm tidak dalam posisi terendah ,kemudian tes berulang seperti cara diatas .

  • Clear Cache HP

Jika Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara yang pertama hasilnya kurang memuaskan,bisa dipastikan tidak ada masalah pada pengaturan volume HP kamu dan masalahnya terdapat pada sistem.

Kamu dapat menghapus Cache HP jika berkaitan dengan sistem,berikut langkah-langkahnya.

  1. Nonaktifkan terlebih dahulu HP yang bermasalah.
  2. Secara Bersamaan coba Tekan tombol Volume UP + Power kemudian tahan beberapa detik.
  3. Jika muncul Logo HP ,kamu dapat lepaskan kedua tombol tadi.
  4. Tampilan Recovery akan muncul lalu pilih menu Wipe .
  5. Muncul submenu Wipe Cache silahkan diklik.
  6. HP akan merestart selama beberapa saat ditunggu hingga aktif kembali dan coba kembali tes suara HP kamu.
  7. Jika berhasil proses pun selesai.
Clear Cache HP

Untuk beberapa kasus yang menjadi penyebab suara HP tidak keluar yaitu terletak pada aplikasi yang digunakan didalam HP tersebut,untuk cara mengatasinya kamu cukup masuk kemenu setelah ,lalu pilih aplikasi kemudian cari sumber masalahnya dan lakukan tindakan dibawah ini.

  1. Hapus Cache Aplikasi yang bermasalah
  2. Bersihkan Cache Aplikasi yang berpotensi jadi penyebab
  3. Hapus Data Aplikasi
  • Gunakan Aplikasi SoundAbout

Gunakan Aplikasi SoundAbout

Selanjutnya Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara yang dapat kamu coba yaitu menggunakan aplikasi SoundAbout.

SoundAbout adalah aplikasi yang memungkinkan kamu mengatur penggunaan suara atau speaker pada perangkat Android,maksudnya dengan aplikasi ini kamu dapat mengubah sumber keluaran audio di HP kamu.

Contohnya untuk panggilan telepon kamu dapat putar melalu koneksi Bluetooth,Speaker Internal ataupun Headshet,Berikut cara penggunaannya.

  1. Silahkan Download dengan klik tautan > SoundAbout
  2. Buka Aplikasi dan aktifkan SoundAbout dengan memilih Sound About Service
  3. Lalu pilih ON > With Status.
  4. Selanjutnya atur keluaran audio pada bagian yang kamu inginkan.
  5. Misal kamu pilih media audio kamu dapat memilih Speaker,begitu untuk keluaran yang lain.
  6. Terakhir kamu dapat tes apakah setelah yang kamu lakukan sudah bekerja atau belum ,jika sudah berhasil kamu telah memperbaiki Suara HP kamu yang tidak keluar.

Baca Juga : 6 Cara Mengubah Kuota Game Axis Menjadi Kuota Utama Terbaru 2022

  • Uninstall Aplikasi Penyebab Suara Tidak Keluar

Jika ketiga Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara diatas juga belum membuahkan hasil yang maksimal ,kamu dapat mencoba cara ini yang dengan uninstall aplikasi yang berpotensi menjadi penyebab suara HP tidak keluar.

Untuk yang belum tahu caranya ,berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka menu pengaturan pada HP.
  2. Pilih menu Aplikasi.
  3. Tampilan daftar aplikasi akan muncul.
  4. Coba dicari aplikasi yang menurut kamu menjadi penyebab.
  5. Terakhir ketuk dan hapus aplikasi tersebut.
Uninstall Aplikasi Penyebab Suara Tidak Keluar

Masih belum berhasil dengan cara ini ,kamu juga dapat pertimbangkan Reset Pabrik sebagai Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara,silahkan diselesaikan artikel ini sampai akhir ya.

  • Reset Pabrik HP

Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara selanjutnya yang dapat kamu coba yaitu mengembalikan HP kamu ke setelan awal melalui Factory Reset.

Tujuannya jika memang masalahnya terdapat pada sistem ,reset ini akan mengembalikan sistem HP ke awal dan efeknya bug atau malfungsi yang menjadi penyebabnya akan hilang ,berikut detail langkahnya.

Sebelum melakukan Reset Pabrik pastikan kamu sudah melakukan Backup Data terlebih dahulu karena prose ini menghapus seluruh data yang pernah tersimpan di HP .

  1. Masuk ke menu Setelan atau pengaturan HP kamu
  2. Gulir menu dan pilih menajemen umum/Cadangkan atau setelan Pabrik
  3. Selanjutnya klik Reset dan pilih Reset Data Pabrik
  4. Klik Reset Data Pabrik,tunggu prosesnya hingga selesai.
Reset Pabrik HP

 

  • Lakukan Service Speaker HP

Setelah mencoba seluruh Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara yang kami berikan diatas dan belum berhasil juga ,mungkin kamu dapat langsung bawah HP kesayangan kamu ke tukang Service HP.

Biasanya jika masalah pada Sistem atau pun pengaturan didalam HP masih dapat berhasil dengan cara diatas,tetapi jika sudah terdapat kerusakan komponen berkaitan dengan Speaker HP tersebut maka solusinya hanya memperbaikinya ke ahli Service HP terdekat.

Untuk biaaya dan prosesnya berapa lama tergantung hasil cek komponen oleh tukang service ,tetapi biasanya pengerjaan paling lama 3 hari,dan untuk biayanya juga sekitar Rp.150.000-250.000 .

Lakukan Service Speaker HP

Tetapi hasil yang kamu dapat sebanding dengan Speaker Hp kamu yang dapat kembali normal setelah diperbaiki oleh tukang servicenya.

Kesimpulan

Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara
Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara

Itulah beberapa Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara yang dapat kamu coba jika HP kesayangan kamu keluaran suaranya bermasalah,beberapa cara diatas dapat kamu coba secara bergantian jika belum mendapatkan hasil yang maksimal,Selamat Mencoba.

Heri Sipahutar

Silent Reader Quora yang senang berbagi tutorial seputar Internet dan Teknologi untuk pembaca setia Nomis.id
Back to top button