11 Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi 2023

Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi – Notifikasi Whatsapp kamu tidak berbunyi ? Tentunya hal ini pernah kamu alami,yah hal ini memang cukup membuat kesal ,pasalnya kita harus repot-repot membuka aplikasi terlebih dahulu untuk melihat apakah ada pesan atau panggilan yang masuk .

Notifikasi yang tidak bunyi pada aplikasi Whatsapp tentunya mengganggu kegiatan kamu terlebih saat ingin berkomunikasi dengan seseorang melalui Chating maupun Panggilan.

Tetapi Jangan kuatir pada kesempatan kali ini Nomis.id Akan mengulas lengkap penyebab dan Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi yang dapat kamu coba langsung untuk menyelesaikan Permasalahan ini,Simak informasi lengkapnya dibawah ini.

Apa Penyebab Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi ?

Notifikasi Whatsapp tidak bunyi biasanya disebabkan oleh beberapa hal bukan hanya dari aplikasi tetapi terkadang dari ponsel yang terpasang aplikasi Whatsapp itu sendiri.

Sebelum masuk ke Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi,Berikut kami rangkum beberapa penyebab Notifikasi Whatsapp tidak bunyi :

             Internal Aplikasi Whatsapp               Internal Smartphone
Aplikasi Whatsapp dalam Keadaan Error Ponsel dalam Mode Diam
Terdapat Bug/Kerusakan Sistem pada aplikasi Pengaturan Notifikasi pada Smarthphone tidak diaktifkan
Aplikasi Belum diperbaharui ke versi terbaru Ponsel tidak dapat menjalankan Aplikasi dikarenakan space RAM penuh
Nada Dering Whatsapp tidak diaktifkan atau dibuat Smartphone meminta pembaharuan untuk mengatasi masalah Software

Begini Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi

Masalah ⚠️ Notif WA Tidak Bunyi✅
Penyebab ⚠️ Sofware/Hardware✅
Solusi ⚡️ Hapus Cache ✅
Merk HP ⚡️ Semua Merk ✅
Alternatif⭐ Pengaturan Notifikasi ⭐⭐

Berikut Beberapa Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi yang dapat kami ulas untuk kamu,Silahkan disimak detail langkahnya dibawah ini.

Baca Juga : 8 Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara : Terbukti Berhasil

  • Pastikan Nada Dering Whastapp Menyala/Aktif

Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi yang pertama yaitu memastikan bahwa kamu telah memilih dan mengaktifikan nada dering di aplikasi Whatsapp kamu.

Pasalnya jika kamu tidak melakukan hal ini sudah dapat dipastikan kamu tidak akan mendengar bunyi notifikasi yang masuk ke Whatsapp kamu,Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkannya :

  1. Pertama buka Aplikasi Whatsapp di HP kamu.
  2. Ketuk ikon titik tiga yang ada pada tampilan bagian atas
  3. Lalu pilih Setelan >Notifikasi >Nada Notifikasi.
  4. Ketuk Pilih Suara> Pilih nada dering yang tersedia.
  5. Terakhir,Tap Centang untuk Apply.
Pastikan Nada Dering Whastapp Aktif

Jika sudah memilih nada dering kamu boleh tes Aplikasi Whatsaap kamu dengan dikirimi pesan atau panggilan melalui no whatsapp yang berbeda.

  • Cek Pengaturan Notifikasi Whastapp

Selanjutnya kamu perlu untuk mengizinkan suatu aplikasi memperoleh notifikasi,begitu juga dengan Aplikasi Whatsapp,dikarenakan hal ini penting agar aplikasi berjalan maksimal terlebih mengenai notifikasi.

Bagi yang belum tahu cara izinkan notifikasi pada Aplikasi ,Berikut langkah-langkahnya :

  1. Silahkan Buka menu Setelan pada smartphone kamu.
  2. Pilih Aplikasi & Notifikasi > Aplikasi> Cari aplikasi Whatsapp.
  3. Pilih Notifikasi lalu aktifkan bagian Izinkan Notifikasi.
  4. Kemudian Tap Centang Untuk Apply.
  5. Selesai.
Cek Pengaturan Notifikasi Whastapp
  • Pastikan Smarthpone Tidak Dalam Mode Diam (Mute)

Memeriksa Ponsel kamu tidak dalam Mode Diam(Mute) juga diperlukan sebagai Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi,pasalnya beberapa kasus whatsapp tidak muncul notifikasi dikarenakan mode diam telah aktif pada ponsel yangs Sedang dipakai.

Hal ini memang sederhana dan kerap kali beberapa orang tidak menyadarinya,Oleh karena itu memastikan Ponsel Tidak dalam Mode diam perlu dilakukan.

Untuk memastikannya cukup mudah ,hanya perlu usap Bar notifikasi pada bagian atas atau bawah Ponsel kamu kemudian cek apakah Mode Deringnya dalam keadaan Hening/Dering atau tidak.

  • Hapus Cache dan Data Aplikasi Whatsapp

Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi selanjutnya yang dapat kamu coba jika beberapa cara diatas kurang membuahkan hasil yang maksimal yaitu dengan Hapus Cache atau Data Aplikasi.

Tetapi pastikan sebelum melakukan cara ini kamu sudah terlebih dahulu cadangkan seluruh Isi chat dan kontak yang tersimpan di Whatsapp kamu,pasalnya cara ini akan mereset aplikasi menjadi seperti pertama kali install.

Dengan Reset Data ini bertujuan agar aplikasi kembali seperti semula dan jika ada Error/Bug yang mungkin menyebabkan Notifikasi Aplikasi tidak bunyi akan hilang,Berikut langkah-langkahnya :

  1. Silahkan Buka Menu Pengaturan/Setelan >Aplikasi & Notifikasi.
  2. Pilih Aplikasi Whatsaap,akan tampil info aplikasi.
  3. Pada bagian bawah terdapat Pilihan Hapus Data/Cache.
  4. Ketuk Untuk Hapus Data.
  5. Kemudian buka kembali Aplikasi Whatsapp dan login kembali.
  6. Silahkan dites ulang apakah notifikasi sudah aktif atau belum.
  7. Selesai .
Hapus Cache dan Data Aplikasi Whatsapp
  • Update Whatsapp Ke Versi Terbaru

Mengapa setiap aplikasi melakukan pembaharuan,tujuan utamanya yaitu untuk menyelesaikan Bug/Error pada versi sebelumnya,Begitu juga dengan aplikasi Whatsapp ,selalu pastikan kamu menggunakan Versi terbaru.

Dengan Update Whatsapp ke Versi Terbaru juga dapat kamu sebagai Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi,bagi yang belum tahu caranya cukup mudah.

Update Whatsapp Ke Versi Terbaru
  1. Buka Playstore/Appstore pada ponsel kamu
  2. Kemudian ketik Whatsapp pada kolom pencarian.
  3. Akan muncul Aplikasi Whatsaap ,Ketuk Update perbaharui aplikasi.

Baca Juga : 10 Cara Mengetahui Password WiFi Tetangga Termudah 2022 (Work 99%)

  • Aplikasi Whatsapp Tidak Berjalan di Latar Belakang

Jika Notifikasi Whatsapp tidak muncul mungkin Aplikasi tidak berjalan di latar belakang bisa jadi penyebabnya,hal ini juga sering terjadi dan mungkin kamu pernah alami saat pesan masuk Whatsapp yang dapat dilihat saat aplikasi dibuka.

Hal ini terjadi dikarenakan Space RAM ponsel kamu sudah sangat terbatas atau mungkin RAM tersisa sudah dibawah 3GB ,Solusi satu-satunya adalah tidak menggunakan beberapa aplikasi dalam satu waktu sekaligus.

Atau bila perlu kamu cukup menghapus beberapa aplikasi yang tidak kamu pakai untuk mengoptimalkan kerja sistem di ponsel kamu,jika kamu beruntung cara ini cukup banyak menyelesaikan masalah Notifikasi Whatsapp tidak bunyi.

  • Bersihkan Cache Smartphone

Bukan Hanya membersihkan Cache aplikasi atau menghapus data aplikasi ,Menumpuknya Cache Pada ponsel kamu dapat menyebabkan beberapa aplikasi terkena pengaruhnya,dan bisa saja terpengaruh pada notifikasi aplikasi Whatsapp kamu.

Untuk membersihkan Cache pada ponsel biasanya nama menunya berbeda tergantung tipe Smartphone yang kamu punya,sebagai referensi berikut cara umum bersihkan cache pada ponsel sebagai salah satu Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi.

Bersihkan Cache Smartphone
  1. Pilih menu Keamanan/Baterai & Performa.
  2. Kemudian akan muncul tampilan Performa Ponsel kamu.
  3. Pada menu seperti Pembesih,Pindai Keamanan,Baterai & Performa dsb.
  4. Cukup ketuk dan ambil tindakan ,misalnya pembersihan.
  5. Tunggu Prosesnya,bila perlu lakukan menyeluruh untuk semua menu.
  6. Jika sudah coba buka kembali aplikasi Whatsaap kamu dan tes kembali notifikasinya.
  • Pastikan Koneksi Internet Stabil

Aplikasi Whatsapp termasuk sensitif terkait koneksi internet,oleh karena itu ada baiknya kamu memakai provider internet yang stabil dan kencang,pasalnya sering kali whatsapp akan tidak responsif jika hal ini tidak diperhatikan.

Hasilnya Notifikasi tidak muncul,Pesan tidak terkirim ,panggilan berdering dan masih banyak masalah lainnya,oleh karena itu memastikan koneksi Ponsel kamu kencang juga merupakan salah satu Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi yang dapat kamu coba.

  • Cek Pengaturan Suara

Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi sebenarnya gampang di analisa penyebabnya, terlebih jika sudah cek pengaturan notifikasi dari aplikasi dan belum normal juga maka opsi selanjutnya yaitu ke pengaturan suara pada ponsel.

Buka setingan suara dan getaran > Setelan tambahan lalu ceklis semua list suara yang tersedia agar aktif kemudian coba test kembali pesan whatsapp.

Cara ini pastinya berhasil jika kondisi setelan tambahannya belum di aktifkan keseleruhan untuk list pengaturan suara pada ponsel yang terinstal aplikasi whatsapp.

  • Instal Ulang Aplikasi Whatsapp

Beberapa Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi diatas belum berhasil juga,mungkin kamu dapat mencoba instal ulang aplikasi Whatsapp diponsel kamu,kemudian download ulang .

Cara ini untuk beberapa kasus yang sama cukup ampuh dikarenakan dengan Hapus dan Instal ulang aplikasi,Semua Cache dan Permasalahan pada sistem aplikasinya juga akan ikut tereset ulang saat diunduh kembali.

  • Restart Smartphone

Jika Reinstal Aplikasi Whatsapp juga belum membuahkan hasil ,coba kamu restart ponsel kamu agar sistem pada Ponsel dipulihkan ulang .

Setelah itu coba kembali Tes aplikasi Whatsapp kamu apakah Notifikasi sudah bunyi atau tidak,cara ini biasanya cukup ampuh untuk mengatasi masalah dan bukan hanya aplikasi Whatsapp tetapi masalah umum pada Ponsel pintar kamu.

Kesimpulan

Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi
Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi

Itulah beberapa Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi yang dapat kami ulas untuk kamu,Pastikan terus mencoba cara-cara diatas jika notifikasinya belum muncul juga,pasalnya cara diatas susah-susah gampang tergantung Tipe Ponsel kamu,Selamat Mencoba.

luxury89
tongtoto
agen89
cpgtoto
karirtoto
lotte4d
mcdbola
rumpitoto
situstogel88
tongtoto
rtp karirtoto
slot anti lag
BMW777