Tutorial

10 Cara Menjadi Reseller Shopee Tanpa Modal, Pasti Untung!

Cara Menjadi Reseller Shopee – Bagi kamu yang ingin memulai berjualan, namun khawatir tidak laku sehingga mengalami kerugian, kamu bisa join menjadi reseller Shopee. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja simak informasi berikut.

Menjadi seorang reseller bisa menjadi peluang usaha rumahan yang cukup menjajikan. Karena sistem kerjanya sangat mudah, hanya dengan membeli produk ke supplier lalu dijual kembali dengan harga yang sedikit lebih mahal.

Selain itu, sistem reseller juga dapat di aplikasi secara online maupun offline. Kamu juga hanya memerlukan modal minim beserta kuota internet yang lancar saja.

Apa Itu Reseller Shopee?

Pada umumnya, reseller diartikan sebagai seseorang yang menjual ulang kembali produk atau barang milik orang lain dengan harga tertentu.

Jika dibandingkan dengan penjualan konvensional, reseller lebih mirip dengan toko online shop dan marketplace. Adapun yang menjadi peran seorang reseller Shopee yaitu menjual serta mempromosikan barang yang akan dijual.

Sampai pada saat ini, reseller Shopee terbagi menjadi 2 jenis, yaitu reseller yang mengambil dari toko fisik (offline to online) dan reseller online (Mengambil Produk dari Marketplace).

Perbedaan Antara Reseller dan Dropship di Shopee

(Ruangguru.com)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya apa itu reseller, tetapi untuk kali ini Nomis.id akan menginformasikan perbedaan antara keduanya. Adapun yang menjadi pembeda antara reseller dan dropship, hanya satu saja.

Nah, pembedanya yaitu dalam sistem dropship barang dikirim dari supplier ke pembeli dan kamu hanya berperan sebagai perantara. Transaksi pun seolah olah terjadi hanya antara kamu dengan pembeli. Tetapi nyatanya, transaksi yang terjadi adalah transaksi tiga pihak.

Untuk sistem reseller, disini kamu benar-benar membeli produk dari supplier. Kemudian supplier akan memberikan harga khusus dengan menetapkan minimal jumlah pembelian setiap harinya.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Daftar Shopee Affiliate Tanpa Minimal Followers Terbaru 2022

Keuntungan Menjadi Reseller Shopee

Ada banyak keuntungan yang di dapatkan dari seorang reseller, karena hanya dengan mempromosikan barang tanpa harus membuat persediaan barang.

Penasaran dengan keuntungannya? Langsung saja simak informasi penjelasn dibawah ini.

1.Keuntungan yang Menggiurkan

Tentu saja ini menjadi salah satu hal yang paling digemari, sehingga banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk menjadi reseller Shopee.

Karena perbedaan harga pembelian dan penjualan produk yang di promosikan sangat berbeda dengan harga pembelian sebelumnya.

Untuk gaji reseller pemula maupun professional di Shopee, yakni sekitar ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Dengan penjualan produk antara 100-1000 perbulannya.

2.Hanya Modal Kuota

Berbeda dengan toko fisik, yang memerlukan banyak modal untuk membeli produk, promosi dan juga tempat penjualan. Sehingga memerlukan modal yang cukup besar untuk melengkapi semua kebutuhan penjualan.

Jadi, tidak heran lagi jika banyak sekali orang yang berlomba-lomba ingin menjadi reseller. Karena setiap pembelian produk mendapatkan potongan harga, karena membeli barang dengan jumlah yang banyak.

Menariknya, aktivitas seorang reseller bisa dijalankan lewat smartphone dengan penyediaan koneksi internet. Kemudian menawarkan produk ke segala sosial media pribadi, ini merupakan keuntungan utama mengetahui cara menjadi reseller Shopee.

Hanya Memerlukan Modal Jualan Yang Kecil

3.Dapat Mengetahui Kualitas Produk

Secara umum, seorang reseller akan memastikan terlebih dahulu kualitas produk yang akan dibelinya. Apakah produk yang akan dijual kembali kualitasnya bagus atau tidak.

Maka supplier tersebut akan menyampaikan kepada reseller apa saja kekurangan dan kelebihan dari produk tersebut. Hal inilah yang menjadi salah satu keuntungan yang dimiliki oleh seorang reseller.

4.Resiko Kerugian Sangat Minim

Karena sudah membeli harga produk yang jauh lebih murah. Apabila seorang reseller merasa produk yang dijual tidak ada yang membeli, tentu saja akan memikirkan cara, bagaimana agar produk tersebut bisa laku terjual.

Salah satu cara yang paling sering dilakukan para reseller untuk mengatasi hal tersebut yaitu memberikan diskon kepada pembeli. Namun diskon penurunan harga yang diberikan tidak mengakibatkan kerugian bagi para reseller.

Tetapi, ada keuntungan lain yang dimiliki oleh seorang reseller yaitu apabila produk tidak laku terjual, reseller dapat mengembalikan produk tersebut kepada supplier.

5.Hemat Waktu Jualan

Keuntungan terakhir mengetahui cara menjadi reseller Shopee yaitu kamu tidak perlu repot memikirkan waktu pengiriman produk, packing produk, hingga produksi produk. Tidak perlu khawatir, karena seorang reseller tidak perlu melakukan itu semua.

Karena tugas tersebut sudah dilakukan oleh supplier dan tugas kamu hanya memasarkan saja. Jadi, apabila pembeli sudah melakukan pembayaran, kamu tinggal mengkonfirmasi untuk mengirimkan produk tersebut ke alamat sipembeli.

Cara Menjadi Reseller Shopee

Aplikasi belanja online Shopee, membuka peluang bagi siapa pun yang ingin meraup keuntungan dengan cara mudah dan praktis. Memungkinkan kamu dalam mengatur penjualan melalui smartphone maupun komputer.

Secara umum, salah satu cara agar bisa menjadi reseller di Shopee yaitu dengan memanfaatkan fitur katalog Saya. Berikut cara menjadi reseller Shopee melalui fitur katalog :

  • Login ke akun Shopee pribadi kamu di ponsel.
  • Pada halaman utama, klik pencarian untuk memilih produk yang akan dijual.
  • Pilih ikon share, yang berada disebelah kanan atas.
  • Pilih Katalog.

  • Ubah nama produk beserta deskripsi produk yang kamu pilih.
  • Pilih Daftar di Katalog.
  • Maka produk yang kamu pilih berhasil di masukkan ke dalam katalog pribadi kamu.

Setelah mengetahui tutorial cara menjadi reseller Shopee diatas kamu juga dapat menghasilkan uang dari Shopee tanpa Jualan. Penasaran untuk tips dan triknya? Berikut simak penjelasan informasi terkait cara menjadi reseller  Shopee untuk pemula!

Artikel Menarik Lainnya : 10 Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang Terbaru

1.Tentukan Produk yang Ingin Dijual

Tips pertama setelah mengetahui cara menjadi reseller Shopee yaitu menentukan produk yang akan dipasarkan. Karena dalam menentukan produk harus dengan pertimbangan yang matang, agar tidak mengalami kerugian pada akhirnya.

Jadi, pastikan produk yang akan kamu jual sangat populer dan banyak digemari oleh banyak orang. Untuk itu, kamu perlu menentukannya berdasarkan beberapa referensi produk terlaris.

Tetapi, pastikan produk yang kamu pilih memiliki masa simpan yang baik dalam jangka panjang. Selain itu, kamu juga harus memastikan produk yang kamu jual memiliki kelebihan dibandingkan produk reseller lainnya.

2.Mencari Supplier yang Memberikan Harga Murah

Tips selanjutnya setelah mengetahui Cara menjadi reseller Shopee yaitu menentukan supplier yang tepat. Karena hal tersebut sangat mempengaruhi performant penjualan serta keuntungan besar yang akan kamu dapatkan.

Perlu ketahui, bahwasannya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencari supplier Shopee, seperti stok produk, komunikasi, kualitas produk hingga harga produk.

Nah, kamu juga harus memastikan jarak tempuh yang harus kamu lakukan dengan seorang supplier, untuk menghemat biaya ongkos kirim produk.

3.Menentukan Harga Jual dan Harga Beli

Apabila kamu membeli produk dengan jumlah yang sangat banyak, tentu saja harga beli produknya sesuai dengan pasaran harga grosir. Nah, untuk itu kamu perlu menentukan harga jual dan harga beli agar kamu dapat mengetahui berapa banyak jumlah keuntungan yang kamu dapatkan.

Tetapi, ada baiknya untuk menghindari mengambil untung dengan jumlah yang sangat besar pada saat awal berjualan. Karena titik fokus yang harus kamu utamakan yautu membangun branding.

Secara umum, reseller pemula biasanya memasang margin keuntungan sekitar 5% hingga 10% per produknya,Ini merupakan tips yang cukup ampuh setelah kamu mengetahui cara menjadi reseller Shopee.

4.Membuka Toko di Shopee

Membuka Toko di Shopee

Tentunya setelah mengetahui cara menjadi reseller Shopee langkah selanjutnya yaitu membuka Toko sendiri  untuk menunjang pemasaran produk yang telah dibeli. Namun, apabila kamu sudah memiliki toko di Shopee kamu bisa melawati tahap ini.

Bagi yang belum memilki toko di Shopee, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni diantaranya :

  • Nama dan Username toko.
  • Deskripsi Toko.
  • Tampilan Toko.
  • Foto produk dan foto sampul.

Untuk itu, pastikan kamu sudah membaca dan memenuhi segala persyaratan ketentuan seller Shopee agar produk yang kamu upload dapat dijelajahi di laman pencarian Shopee.

5.Promosikan Produk

Tips terakhir setelah kamu mengetahui cara menjadi reseller shopee diatas adalah mempromosikan produk yang akan kamu jual.

Pada bagian ini, kamu perlu menyisihkan sebagian modal kamu untuk memberikan keringanan harga beli kepada pelanggan. Kemudian mengaktifkan promo di fitur katalog Shopee.

Hal tersebut bertujuan untuk menarik perhatian para pelanggan pertama kamu, sekaligus memperkenalkan toko yang saja kamu kelola.

Promosikan Produk

Kesimpulan

Sudah tahukan bagaimana cara menjadi reseller Shopee? Nah, bergabung menjadi reseller Shopee memang sangat menguntungkan, namun setiap pembelian produk harus diperhatikan.

Itulah informasi penjelasan yang dapat Nomis.id sampaikan dari beberapa referensi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kamu. Sampai ketemu di informasi selanjutnya dan Selamat Mencoba!

Sanra Hutagalung

Menyukai hal baru seputar trend Internet dan Informasi masa kini
Back to top button