Mengenal Folder di APK WinSxS Beserta Fungsinya

Apakah Anda pernah membuka direktori sistem di komputer Windows Anda dan menemukan folder misterius yang disebut “WinSxS”? Jika demikian, Anda mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya folder ini dan apa fungsinya. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan mengenai folder WinSxS dan mengapa penting untuk sistem operasi Windows.

Apa Itu Folder WinSxS?

Folder WinSxS, yang merupakan kependekan dari “Windows Side by Side”, adalah sebuah folder yang digunakan oleh sistem operasi Windows untuk menyimpan komponen sistem yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi yang berbeda. Folder ini dapat ditemukan di dalam direktori “C:\Windows” dan dapat memakan ruang penyimpanan yang cukup besar pada hard drive Anda.

Salah satu alasan utama mengapa folder WinSxS membutuhkan ruang yang besar adalah karena Windows menggunakan pendekatan yang disebut “side-by-side assembly” untuk mengelola komponen sistem. Ini berarti bahwa setiap aplikasi dapat memiliki versi yang berbeda dari komponen sistem yang sama, dan folder WinSxS menyimpan semua versi ini agar dapat diakses oleh aplikasi yang membutuhkannya. Dengan cara ini, setiap aplikasi dapat menggunakan versi komponen sistem yang sesuai dengan kebutuhannya, tanpa saling mengganggu satu sama lain.

Salah satu contoh yang sering dikutip adalah komponen Visual C++ Redistributable. Setiap versi dari Visual C++ Redistributable memiliki file dan pustaka yang diperlukan oleh program yang menggunakan versi tersebut. Ketika Anda menginstal aplikasi yang membutuhkan Visual C++ Redistributable versi tertentu, file-file ini akan disalin ke dalam folder WinSxS. Jika Anda kemudian menginstal aplikasi lain yang membutuhkan versi yang berbeda dari Visual C++ Redistributable, file-file yang diperlukan untuk versi itu juga akan disimpan di folder WinSxS. Dengan cara ini, setiap aplikasi dapat menggunakan versi yang tepat dari Visual C++ Redistributable tanpa konflik.

Fungsi Folder WinSxS

Selain itu, folder WinSxS juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan (backup) komponen sistem. Saat Anda menginstal pembaruan Windows atau mengubah pengaturan sistem, salinan cadangan komponen sistem yang diperlukan disimpan di folder WinSxS. Ini memungkinkan Anda untuk memulihkan sistem Anda ke keadaan sebelumnya jika terjadi masalah atau jika Anda ingin mengembalikan pengaturan sebelumnya.

Saat Anda membuka folder WinSxS, Anda akan melihat banyak file dan folder dengan nama yang mungkin terlihat asing. Jangan khawatir, tidak disarankan untuk menghapus atau memodifikasi file-file di folder ini secara manual. Folder WinSxS dikelola oleh sistem operasi Windows dan menghapus file atau folder secara sembarangan dapat menyebabkan kerusakan pada sistem atau membuat aplikasi tidak berfungsi dengan baik.

Namun, Windows menyediakan alat yang disebut “Disk Cleanup” yang dapat digunakan untuk membersihkan file-file yang tidak diperlukan di folder WinSxS. Alat ini akan memeriksa file-file yang sudah tidak digunakan lagi oleh sistem atau aplikasidan menghapusnya secara aman untuk menghemat ruang penyimpanan. Untuk menggunakan Disk Cleanup, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka jendela “Pengaturan” dengan mengklik ikon gear di menu Start atau menggunakan kombinasi tombol “Win + I”.
  • Pilih “System” dan kemudian klik “Storage” di panel sebelah kiri.
  • Di bawah “Storage sense”, klik “Configure Storage sense or run it now”.
  • Jika Anda ingin menjalankan Disk Cleanup secara manual, klik “Clean now”. Jika Anda ingin mengatur jadwal pembersihan otomatis, pilih opsi yang sesuai di bawah “Run Storage sense”.
  • Setelah Anda menjalankan Disk Cleanup, pilih drive yang ingin Anda bersihkan. Biasanya, drive sistem (C:) akan dipilih secara default.
  • Klik “OK” dan tunggu hingga proses pemindaian selesai. Ini dapat memakan waktu beberapa menit tergantung pada ukuran folder WinSxS dan kecepatan komputer Anda.
  • Setelah pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar file-file yang dapat dihapus. Pastikan Anda memeriksa kotak di samping “Temporary Windows installation files” dan “Windows upgrade log files” untuk membersihkan file-file di folder WinSxS.
  • Klik “OK” dan kemudian “Delete Files” untuk menghapus file-file yang tidak diperlukan tersebut.

Meskipun Disk Cleanup dapat membantu mengurangi ukuran folder WinSxS, penting untuk dicatat bahwa proses ini tidak akan menghapus semua file di folder tersebut. Windows akan tetap mempertahankan file-file yang diperlukan untuk menjaga kestabilan sistem.

Penutup

Dalam beberapa kasus, jika Anda mengalami masalah yang terkait dengan folder WinSxS, Anda dapat menggunakan utilitas yang disebut “Deployment Image Servicing and Management” (DISM) untuk memperbaiki kerusakan atau kesalahan. DISM adalah alat baris perintah yang dapat digunakan untuk memperbaiki dan memperbarui komponen sistem Windows. Namun, penggunaan DISM membutuhkan pengetahuan teknis yang lebih mendalam, dan disarankan untuk menggunakan alat ini dengan hati-hati atau dengan bantuan teknisi yang berpengalaman.***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

luxury89
tongtoto
agen89
cpgtoto
karirtoto
lotte4d
mcdbola
rumpitoto
situstogel88
tongtoto
rtp karirtoto
slot anti lag
BMW777